Pisah Sambut Rektor Undip, Cak Nun dan Kiai Kanjeng Hadir Ajarkan Kedaulatan

Gedung Prof. Soedarto (15/4) – Sehubungan dengan dilantiknya Yos Johan Utama sebagai rektor baru Universitas Diponegoro pada Senin (13/4) lalu, mantan rektor, Soedarto P. Hadi mengucapkan salam perpisahan kepada seluruh masyarakat Undip di Gedung Prof. Soedarto. Ia juga berpesan agar Universitas Diponegoro kedepannya menjadi semakin baik dibawah kepemimpinan rektor baru.

Universitas Diponegoro adakan pisah sambut rektor yang ditandai dengan pagelaran acara dan roadshow islami bertemakan “Sinau Kedaulatan Bersama Cak Nun dan Kiai Kanjeng” pada pukul 20.00 WIB sampai dini hari di Gedung Prof. Soedarto, Rabu (15/4) lalu. Sejumlah tokoh penting di antaranya Wagub Jateng, Walikota Semarang, Wakapolda, serta anggota DPD RI dan sivitas akademia Universitas Diponegoro turut hadir memeriahkan acara tersebut.

Acara dibuka dengan sambutan rektor lama, Soedarto P. Hadi dan dilanjutkan pidato yang disampaikan oleh rektor baru, Yos Johan Utama. Dalam pidatonya, Yos menyampaikan bahwa terdapat empat pilar yang menjadi dasar untuk mendukung kemajuan Universitas Diponegoro kedepannya. “Pak Soedarto punya slogan kalau Undip adalah rumah kita. Nah, saya ingin mendukung slogannya Pak Sudarto dengan menambahkan empat pilar untuk memperkuat Undip sebagai rumah kita. Pilar – pilar tersebut adalah keadilan, kepastian, kemanfaatan, dan kasih sayang,“ jelas Yos. Menurutnya, empat pilar yang sudah dijelaskan tersebut merupakan dasar visi dan misi dalam masa kepemimpinannya untuk dapat menjadikan Undip semakin baik.

Setelah pisah sambut rektor Undip usai, acara dilanjutkan dengan penampilan Emha Ainun Nadjib atau yang lebih dikenal dengan sebutan Cak Nun beserta kelompok musiknya, Kiai Kanjeng. Mereka membawakan beberapa lagu islami yang kemudian dilanjutkan dengan ceramah oleh Cak Nun. Sesuai dengan tema yang diangkat yaitu sinau kedaulatan atau belajar kedaulatan, Cak Nun berpesan kepada masyarakat Undip untuk lebih baik dalam berdaulat. Ia juga memberikan gambaran ilustrasi mengenai sebuah kedaulatan yang baik.

Bayu, salah satu mahasiswa Undip mengaku sangat senang. Menurutnya, acara semacam ini sangatlah menarik sebagai ajang pembelajaran mengenai kedaulatan yang disampaikan oleh Cak Nun, juga sebagai media untuk memperkenalkan sosok rektor baru Undip, Yos Johan Utama. Agung Setiawan yang juga merupakan salah satu mahasiswa Undip menambahkan harapan agar rektor yang baru akan dapat membawa Undip menjadi Universitas yang lebih baik lagi. “Semoga Pak Yos bisa menjalankan amanat yang telah diberikan dengan baik, saya juga berharap ada program – program baru yang lebih pro dengan mahasiswa,” tambahnya.

Reporter : Petra, Eka

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *