PJTL 2017 : Be The Complete Journalist

1490486161029

FEB Undip  (25/3) –  LPM EDENTS kembali mengadakan Pelatihan Jurnalistik Tingkat Lanjut (PJTL) di Gedung EA.304 FEB Undip. Acara tahunan ini merupakan kelanjutan dari Pelatihan Jurnalistik Tingkat Dasar (PJTD) yang ditujukan bagi Edentser 2015 dan 2016. PJTL 2017 mengangkat tema “Be The Complete Journalist”. Rangkaian acara PJTL  membahas tentang Kode Etik Jurnalistik dan cara membuat videografi.

PJTL kali ini menghadirkan pembicara dari Mantan Edents yaitu Hardiwinoto selaku Dekan Fakultas Ekonomi Universitas Muhammadiyah Semarang (Unimus). Selain itu, UKM Kronik Filmedia Undip turut diundang sebagai pemateri kedua. Acara PJTL dimulai dengan pembukaan oleh Gracye Pane, Pemimpin HRD, dan dilanjutkan dengan pemaparan materi pertama oleh Mantan Edents. Hardiwinoto menyampaikan materi tentang Kode Etik Jurnalistik (KEJ). Ia menyampaikan bahwa KEJ wajib dimiliki oleh setiap anggota pers. Hal ini diperlukan agar berita yang dibuat  dapat dipertanggungjawabkan. Selain itu, skeptis menjadi ciri khas jurnalisme. Sifat penuh tanda tanya pada seorang jurnalis diperlukan agar media tetap hidup.

Selanjutnya pemaparan materi kedua oleh Adhitya dan Ridwan dari UKM Kronik Filmedia Undip. Ia menjelaskan teknik pengambilan gambar dan pengeditan video. Tak hanya materi saja, Edentser langsung melakukan praktik. Mulai dari take video di sekitar kampus, dubbing, hingga proses pengeditan. Hasil kerja dari Edentser kemudian dinilai langsung oleh UKM Kronik. Acara PJTL merupakan ajang yang sangat bermanfaat bagi para Edentser. Sebagaimana yang diungkapkan oleh salah satu Edentser. “PJTL ini benar-benar memberikan manfaat atau ilmu yang sangat berguna. LPM Edents sendiri kan juga jurnalistik sehingga pasti membutuh hal-hal yang  seperti ini,” ucap Rafi Qurnia.

Pelaksanaan PJTL ini tidak luput dari kendala. “Kurangnya koordinasi menjadi salah satu kendalanya. Karena yang menjadi panitia disini Edentser 2014 maka agak sulit buat koordiansi karena masing-masing dari mereka punya kesibukan masing-masing.” ujar Gracye Pane. Namun, semua dapat diatasi dengan baik dan acara berjalan dengan lancar. Ia beharap semoga PJTL ini dapat memberikan manfaat serta bekal bagi para Edentser.

Reporter : Arvita, Mila

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *