PKTIM, Melatih Mahasiswa Kreatif

Salah satu peserta PKTIM yang sedang memaparkan ide karya tulisnya (doc. Edents)

FEB Undip (15/9)– Bidang kemahasiswaan Fakultas Ekonomika dan Bisnis Undip mengadakan pelatihan yang bertajuk Pelatihan Karya Tulis Ilmiah Mahasiswa (PKTIM) 2013. Acara ini diadakan selama dua hari yaitu dari tanggal 14 hingga 15 September 2013  bertempat di hall gedung C FEB Undip. Pada hari pertama dihadiri oleh Agus M. Irkham selaku Kepala Departemen Penelitian dan Pemgembangan Pengurus Pusat Taman Bacaan Masyarakat dan juga seorang kurator dan penulis buku.


Pada hari pertama (14/09), acara resmi dibuka pada pukul 09.15 wib oleh Darwanto yang mewakili PD III FEB Undip, Edy Yusuf yang berhalangan hadir. Sebelum PKTIM diresmikan, Darwanto menyampaikan kata sambutan. Dalam sambutannya, Darwanto mengungkapkan bahwa pelatihan karya tulis ilmiah sebenarnya sangat penting untuk bekal mahasiswa.

Acara selanjutnya yaitu materi pelatihan yang disampaikan oleh Agus. Dalam sesinya, Agus memberikan tips-tips menulis yang baik dan format penulisan karya tulis ilmiah. Pada intinya, menurutnya, basicdari menulis ialah membaca. “Basicdari menulis itu membaca, karena jika kita tak membaca kita tak mendapatkan informasi untuk menulis,” jelas Agus. Setelah pemaparan Agus selesai, dilanjutkan dengan sesi tanya jawab.

Pukul 13.30 wib acara dimulai kembali setelah jeda istirahat. Pada sesi ini, Darwanto mengisi materi Program Kreatifitas Mahasiswa (PKM) gagasan tertulis dan artikel ilmiah. Darwanto memaparkan jenis-jenis PKM, proses penulisan PKM, dan contoh karya tulis yang lolos seleksi. Selain itu, peserta dilatih untuk membuat judul PKM. Masing-masing peserta diharapkan dapat kreatif dalam membuat ide-ide PKM. Pukul 16.00 acara PKTIM hari pertama pun berakhir.

Hari kedua acara PKTIM tanggal 15 September 2013 dimulai pukul 09.30 wib dan diisi oleh Bambang. Ia merupakan peneliti LP3M dan konsultan BPS (Analisis dan Sensus Nasional). Pada sesi pertama, Bambang memaparkan mengenai trik dan tips dalam menulis dan mempresentasikan PKM. Menurutnya, tips untuk menang dalam berlomba harus dipersiapkan sebelum lomba maupun ketika lomba. Tidak hanya persiapan materi, namun juga harus memperhatikan penampilan saat berlomba.

Setelah istirahat, acara dilanjutkan dengan latihan pembuatan outline. Peserta dilatih oleh Bambang dalam membuat outline yang baik. Setelah peserta diberi waktu selama 30 menit, kemudian outline tersebut dipresentasikan. Bambang pun memberikan saran kepada peserta yang mempresentasikan hasil pemikirannya. Acara PKTIM berakhir pada pukul 15.00 wib dengan penutupan dari Darwanto. (hya)


Reporter: Ami, Anih
Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *