Psikologi Undip Tingkatkan Keterampilan Mahasiswa Melalui Workshop

PicsArt_11-29-09.54.19

Undip (29/11) – Guna meningkatnya kemampuan menulis dan public speaking mahasiswa, Bidang Kemahasiswaan Fakultas Psikologi Universitas Diponegoro menyelenggarakan workshop “Upgrade Your Writing and Presentation Skills”. Bertempat di Aula Dekanat Fakultas Psikologi, acara ini diselenggarakan selama dua hari pada Sabtu (28/11) dan Minggu (29/11).

Workshop hari pertama diisi oleh Frieda selaku akademisi Fakultas Psikologi sekaligus pelatih motivation skill, Mahasiswa Berprestasi II Undip 2015 yaitu Aldani Putri Wijayanti, dan Bayu Widagdo sebagai Wakil Pemimpin Redaksi Harian Bisnis Indonesia. Frida menyampaikan bahwa dalam menentukan prioritas, mahasiswa harus bersifat SMART yaitu specific, measurable, achievable, realistic, dan time a long. Selain itu, mahasiswa juga perlu memperhitungkan prinsip AKU yaitu ambisi, kondisi, dan usaha. Sementara itu, Aldani Putri mengatakan bahwa menulis karya tulis ilmiah (KTI) dapat dimulai dengan melihat kondisi yang ada di sekitar kita (das sein). Kemudian, menyajikan persoalan tersebut disertai dengan solusi yang kreatif. Setelah waktu istirahat, acara kembali dilanjutkan dengan materi presenting skill yang disampaikan oleh Bayu Widagdo. Ia menjelaskan bahwa dalan presenting terdapat empat aspek yang sangat mendasar yaitu presenter, audience, material, dan time.

Sementara pada hari kedua, workshop Upgrade Your Writing and Presentation Skills menghadirkan pembicara yaitu Jati Ariati selaku Akademisi Fakultas Psikologi Undip dan Hendi Pratama sebagai Akademisi Universitas Negeri Semarang (Unnes). Jati menjelaskan bagaimana cara agar menulis dapat dijadikan sebagai kegiatan yang menyenangkan. Berikutnya, Hendi menyampaikan materi mengenai dampak menjadi public speaker. Ia juga mengatakan bahwa kegiatan berbicara yang dilakukan harus memiliki tujuan dan dampak positif bagi lawan bicara.

Menurut Jati Ariati selaku ketua panitia, acara merupakan bentuk dukungan kepada mahasiswa yang dirasa memiliki kesulitan dalam penulisan KTI maupun paper. Selain itu, kegiatan ini juga bertujuan untuk meningkatkan kemampuan mahasiswa untuk berbicara di depan umum. “Saya harap mahasiswa-mahasiswa dari jurusan lain dapat berpartisipasi,” ujar Jati. Salah seorang peserta, Redita Apriliana, mengaku mendapat ilmu dan manfaat setelah mengikuti acara ini, “Saya harap Fakultas Psikologi bisa lebih baik lagi dalam menyelenggarakan acara-acara seperti ini karena materinya bermanfaat banget,” tukas Redita. (nw)

Reporter : Cynthia Khoeroni

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *