Public Hearing Pertama, SEMA FEB Bahas Akademik dan Prestasi Mahasiswa

PicsArt_03-08-07.46.59

FEB Undip (8/3) – Guna mencapai sinergisitas antara mahasiswa dengan pihak universitas, Senat Mahasiswa (SEMA) Fakultas Ekonomika dan Bisnis (FEB) Undip menyelenggarakan Public Hearing yang bertempat di Hall Gedung C lantai 4 FEB Undip. Mengangkat tema Akademik dan Prestasi Mahasiswa, acara ini diselenggarakan pukul 13.30 dengan menghadirkan Anis Chariri selaku Pembantu Dekan I Bidang Akademik dan Amie Kusumawardhani sebagai Wakil Dekan Bidang Kemahasiswaan. Adapun Galuh Novinda yang merupakan ketua Senat Mahasiswa FEB Undip periode 2016 bertindak sebagai moderator yang memandu Public Hearing ini.

Bahasan yang disampaikan meliputi beberapa kebijakan baru yang dimiliki baik oleh universitas maupun fakultas. Anis menyampaikan beberapa perubahan kebijakan tingkat universitas dalam bidang Akademik seperti syarat kelulusan untuk mahasiswa S-1 ialah harus memiliki Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) minimal 2,75 yang semula hanya 2,25. Selain itu, syarat lainnya ialah mahasiswa bersangkutan tidak memiliki nilai D.

Selain pada tingkat universitas, ada pula beberapa perubahan kebijakan akademik tingkat fakultas, seperti fungsi dosen penguji pada ujian skripsi hanya sebatas pemberi nilai, bukan sebagai penentu lulus atau tidaknya mahasiswa. Anis juga memaparkan bahwa ujian komprehensif akan dipisah dengan ujian skripsi, sehingga diharapkan dapat memudahkan mahasiswa dalam menyelesaikan studinya. Kebijakan baru lainnya ialah pada tahun 2016 ini, program studi Manajemen dan Akuntansi akan secara resmi membuka kelas internasional dengan program satu semester wajib menimba ilmu di universitas yang menjadi partner.

Pembahasan mengenai prestasi mahasiswa FEB disampaikan oleh Amie Kusumawardhani. Saat ini, Amie beserta beberapa dosen FEB sedang gencar-gencarnya membimbing enam tim yang dinyatakan lolos pendanaan Dikti dalam Program Kreativitas Mahasiswa (PKM). Amie berharap, FEB dapat mengirimkan sekurang-kurangnya satu perwakilan menuju Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional (PIMNAS). Baik Anis maupun Amie sedang mempertimbangkan hadih untuk mahasiswa FEB meraih medali emas di PIMNAS, maka akan dibebaskan dari salah satu syarat kelulusan yaitu membuat skripsi. Selain itu, Amie juga berharap agar mahasiswa FEB dapat mengikuti sebanyak mungkin lomba baik secara akademik maupun nonakademik. Mahasiswa juga dihimbau agar tidak terlalu memusingkan dana yang diperlukan karena universitas akan membantu semaksimal mungkin.

Alto selaku ketua panitia berharap dengan terselenggaranya acara Public Hearing ini dapat menjadi wadah bagi mahasiswa untuk menyalurkan aspirasinya dan mendapat informasi yang jelas dengan Sema FEB Undip sebagai fasilitator. Hanya saja ia menyayangkan sedikitnya mahasiswa yang hadir. Public Hearing pertama ini berakhir pukul 16.00. (nw)

 

Reporter : Cynthia , Rizki

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *