Puji Harto: Diseminasi Lebih Intens Diadakan

FEB Undip (28/02) – Diseminasi Hasil Penelitian kedua berlangsung di Hall Gedung C pada hari Kamis, 28 Februari 2013 sesuai rangkaian kegiatan Dies Natalis Fakultas Ekonomika dan Bisnis Universitas Diponegoro (FEB Undip) ke-53. Acara diseminasi berlangsung mulai pukul 09.00 wib hingga pukul 11.30 wib, bertindak sebagai MC yaitu Alfa Farah, dan Puji Harto sebagai moderator.
Dalam diseminasi hari ini, terdapat empat penyaji yang memaparkan hasil penelitiannya, yaitu Irene Rini Demi Pangestuti, Akhmad Syakir Kurnia, Basuki Hadiprajitno, dan Mudiantono.
Penyaji pertama yaitu Irene Rini Demi Pangestuti memaparkan hasil penelitiannya dengan judul Pengaruh Karakteristik Reksa Dana dan Dukungan Manajer Investasi Terhadap Kinerja Reksa Dana. Dalam penelitian ini, diketahui bahwa expense ratio berbasis aktivitas merupakan variabel karakteristik reksa dana yang sangat besar pengaruhnya pada kinerja reksa dana. Sedang, timing ability dan selection ability berpengaruh negatif terhadap kinerja reksa dana, jika pengelola reksa dana tidak mempunyai timing ability dan selection ability.
Akhmad Syakir Kurnia mendapat kesempatan kedua untuk memaparkan hasil penelitian dengan judul Decentralization, Political Institutions, and Public Sector Eficiency: Evidence from Decentralized Indonesia. Dalam penelitiannya, diungkapkan bahwa pendidikan politik bagi setiap individu itu sangat penting. Hal ini dimaksudkan agar voters (rakyat) tidak salah memilih wakil rakyatnya, sehingga pengadaan barang publik dapat tersedia dengan baik.
(kiri-kanan) Basuki Hadiprajitno, Akhmad Syakir,
Irene Rini, Puji Harto, dan Mudiantono – dok. Edents

Pemaparan ketiga oleh Basuki Hadiprajitno dengan judul penelitan Struktur Kepemilikan, Mekanisme Tata Kelola Perusahaan, dan Biaya Keagenan Indonesia. Dalam penelitian ini dapat disimpulkan bahwa perusahaan yang kepemilikannya mayoritas keluarga, institusi keuangan, dan asing lebih efisien dalam menekan biaya keagenan dibanding perusahaan publik.

Pemaparan terakhir dalam diseminasi hari ini oleh Mudiantono dengan judul penelitian Membangun Keunggulan Bersaing Melalui Keberhasilan Implementasi Enterprise Resource Planning (ERP) pada Usaha Kecil dan Menengah (UKM) di Jawa Tengah.Dari penelitian ini terungkap bahwa Business Process Reengenering  merupakan faktor yang paling berpengaruh dalam pengimplementasian ERP.
Usai pemaparan dari semua penyaji, dibuka sesi tanya jawab dan semua penyaji mendapat kesempatan untuk mengomentari setiap pertanyaan. Sebelum acara ditutup, Puji Harto menyampaikan harapannya agar diseminasi penelitian lebih intens untuk diadakan.Acara resmi ditutup dengan penyerahan sertifikat kepada para pembicara dan moderator oleh Mochammad Syafrudin selaku ketua panitia. (hya)
Reporter: Alan, Danu
Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *