Rangkaian Acara Temilnas XIV

FEB Undip – Kelompok Studi Ekonomi Islam (KSEI) FEB Undip berkesempatan menjadi tuan rumah dalam penyelenggaraan Temu Ilmiah Nasional XIV (Temilnas XIV). Temilnas merupakan rangkaian acara tahunan FoSSEI yang diikuti oleh seluruh KSEI dari berbagai universitas di Indonesia. Acara diadakan pada 19-22 Maret kemarin dengan dihadiri 109 tim dari 60 universitas.

Kamis (19/3), opening ceremony Temilnas XIV dilaksanakan pukul 08.00 WIB di Gedung Prof. Soedarto. Acara dilanjutkan dengan seminar nasional bertajuk Revitalisasi Gaya Hidup Islam untuk Meningkatkan Pangsa Pasar Industri Halal dalam menghadapi MEA yang menghadirkan beberapa pembicara, yaitu Triyono selaku Direktur Internasional Otoritas Jasa Keuangan (OJK), Abdullah Yazid selaku ketua induk koperasi syariah BMT, Irfan Syauqi Beik selaku Kepala Pusat Studi Bisnis dan Ekonomi Syariah IPB, dan Riyanto Sofyan selaku pemilik Hotel Sofyan. Berikutnya, diadakan babak penyisihan olimpiade yang diikuti oleh 102 tim di Gedung Prof. Soedarto dan final Bussiness Case di gedung serbaguna PKM FEB Undip.

Jumat (20/3), hari kedua Temilnas XIV diawali dengan acara bedah buku di Gedung Prof. Soedarto pukul 07.30 WIB yang menghadirkan Ikhwan Alim selaku penulis buku “Marketing To The Middle Class Moslem” sebagai pembicara. Dilanjutkan dengan Talkshow Srikandi bertemakan Peran Muslimah Indonesia dalam Pengembangan Ekonomi Kreatif dengan menghadirkan Rodia Fika Fardila selaku Depnas Srikandi Nasional sebagai moderator, serta Meyda Sefira, aktris dan penulis buku Hujan Safir, dan Tatiek Kancaniati, Founder Kampong Wisata Bisnis Tegal Waru, sebagai pembicara. Selain seminar, kelanjutan dari olimpiade di hari pertama juga dilaksanakan pada hari ini. Pada babak final olimpiade, peserta yang lolos yaitu KSEI SCIEmiscs, KSEI Progres, KSEI SEF UGM, dan Shine Fsi FE UI mempresentasikan ide masing-masing dan menjawab pertanyaan juri.

Sabtu (21/3), Temilnas XIV hari ketiga, Achievement Motivation Training dimulai pukul 08.00 WIB di Gedung Prof. Soedarto. Mengusung tema How To Be A Winner, acara ini menghadirkan Rendy Saputra sebagai pembicara. Selanjutnya diadakan simposium yang merupakan forum diskusi FoSSEI di Gedung B FEB Undip. Usai Simposium, peserta kembali ke Gedung Soedarto untuk menghadiri Gathering Night yang merupakan puncak acara Temilnas dimana dalam acara ini diisi dengan penyampaian pesan-kesan, makan malam bersama, sarasehan bersama alumni, dan pengumuman pemenang lomba. Gelar juara Bussiness Case diraih oleh KSEI Acses Unair, disusul KSEI Forsei UIN Jogjakarta pada posisi ke dua, dan HIMA Ekis Unair sebagai juara ke tiga. Sementara olimpiade Ekonomi Islam dimenangkan oleh KSEI SEF UGM sebagai juara pertama, KSEI PROGRES STEI TAZKIA sebagai juara dua, dan KSEI SCIEMES UPI sebagai juara tiga. Selain itu, peringkat pertama peserta individu terbaik diraih oleh Mumuh Muhammad (KSEI Sciemics UPI), peringkat dua yaitu Rixi Al- Muhyi (KSEI UNSRI), dan peringkat ke tiga yaitu Muhammad Candra Fajar Sodiq (KSEI Shine FSI UI).

Temilnas ditutup dengan field trip pada Minggu (22/3). Peserta  diajak berkeliling Semarang dengan destinasi Lawang Sewu dan Masjid Agung Jawa Tengah yang dimulai pada pukul 07.00 WIB. Kemudian, peserta diantarkan menuju bandara, stasiun, atau terminal keberangkatan menuju kampung halaman masing-masing. (gt)

Reporter: Nur, Khikmah, Yulina

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *