Ready To Be An Auditor

FEB UNDIP (19/9) – Di bawah naungan Divisi Kesejahteraan Mahasiswa (Kesma), Himpunan Mahasiswa Jurusan Akuntansi mengadakan Simulasi Audit Program sebagai wadah bagi mahasiswa untuk lebih mengenal dunia kerja akuntan, seperti permasalahan di Kantor Akuntan Publik dan cara kerja auditor. “Karena selama ini kan kita mahasiswa cuma di kelas dengerin teori, tapi gatau gimana kenyataannya,” tutur Putri Setyo Utami, selaku Ketua Panitia. Acara ini memiliki peserta sebanyak 80 orang yang berasal dari S1 Akuntansi angkatan 2011, 2012, 2013 dan DIII Ekstensi.

Sambutan oleh Ketua Panitia, Putri Setyo Utami, dan Mbarep Ilyas selaku Ketua HMJA mengawali Simulasi Audit Program yang diselenggarakan di E.B. 3.4. Selanjutnya, acara diisi dengan materi oleh Arum Sigit Radityo Sudomo selaku Audit Manager pada KAP Hananta Budianto & Rekan (afiliasi dengan UHY International). Ia memaparkan materi-materi yang dibutuhkan untuk melakukan auditing, mulai dari ruang lingkup audit hingga Standar Akuntansi Keuangan (SAK). Kemudian, peserta juga disuguhkan pemaparan seputar Metodologi Penelitian yang terdiri atas asersi, prosedur audit, perencanaan audit, dan resiko audit. Pukul 13.00, acara diisi dengan pemberian kasus disertai cara penyelesaiannya melalui perhitungan fisik persediaan, prosedur pembelian dan penerimaan barang, penilaian pengendalian intern, sistem informasi akuntansi, serta prosedur audit dengan berbagai asersi.

Menurut panitia, Simulasi Audit Program belum mencapai target-target yang direncanakan. Pada awalnya acara ini diperuntukkan untuk mahasiswa yang sudah mengambil mata kuliah Praktikum Audit, namun karena sedikitnya peminat maka panitia mengubah sasaran menjadi mahasiswa yang sudah mengambil mata kuliah Pengauditan I. “Kendalanya sebenernya susah nyari pembicara, jujur aja itu paling susah, karena kan kita harus nyari auditor dan mereka pasti punya kerjaan mengaudit laporan keuangan dan susah juga nyamain waktu luang mereka dengan waktu yang kita mau,” keluh Putri. Ia berharap semoga acara ini kedepannya dapat menjadi lebih baik dan efektif, karena menurutnya sulit untuk memahami ruag lingkup audit dan berbagai kasus dalam satu hari.

“Acaranya menarik, terus tadi juga menambah wawasan tentang audit, juga tahapan-tahapannya dalam melakukan perikatan lalu juga jadi tau gimana caranya mengaudit dan apa saja resiko audit itu sendiri,” komentar Putri Ayuningtyas, peserta dari Akuntansi 2013. (gt)

Reporter : Nur, Julius

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *