Resmi! Undip Berstatus PTN-BH

Undip (3/1) – Universitas Diponegoro (Undip) Semarang resmi mengubah statusnya, dari sebelumnya Badan Layanan Umum (BLU) menjadi Perguruan Tinggi Negeri Badan Hukum (PTN-BH). Hal tersebut dipertegas kembali dalam rangkaian acara “Launching Universitas Diponegoro sebagai PTN-BH” yang diselenggarakan di Gedung Prof. Soedarto, SH Tembalang, Selasa (3/1). Acara tersebut dihadiri oleh tamu undangan yang terdiri dari Muhammad Nasir sebagai Menteri Riset, Teknologi, dan Perguruan Tinggi (Menristekdikti), Ganjar Pranowo (Gubernur Jawa Tengah), jajaran Rektorat Undip, serta perwakilan mahasiswa.

Rangkaian acara tersebut dimulai pukul 09.00 WIB dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya, Hymne Undip dan dilanjutkan sambutan. Sambutan pertama oleh Yos Johan Utama (Rektor Undip), yang mengatakan bahwa perubahan status Undip ini didasarkan pada Peraturan Pemerintah (PP) no.81 tahun 2014 dan Peraturan Pemerintah RI no.52 tahun 2015. “Berbagai persiapan telah dilakukan, baik dalam masalah pembentukan dan penataan kelembagaan, regulasi, serta yang utama yaitu upaya untuk merubah budaya kerja seluruh civitas akademika di dalam penyelenggaraan PTN-BH,” jelasnya.

Sambutan kedua diberikan oleh Ganjar Pranowo, dan yang terakhir oleh Muhammad Nasir. Nasir mengatakan bahwa dalam prosesnya ada 7 PTN yang telah berbadan hukum yaitu Institut Pertanian Bogor (IPB), Institut Teknologi Bandung (ITB), Universitas Gadjah Mada (UGM) Yogyakarta, Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) Bandung, Universitas Sumatera Utara (USU), Universitas Indonesia (UI) dan Universitas Airlangga (Unair) Surabaya. Disusul oleh 4 PTN yang launching bersamaan pada hari ini yaitu Universitas Diponegoro (Undip) Semarang, Universitas Hasanuddin (Unhas) Makassar, Institut Teknologi Surabaya (ITS) dan Universitas Padjajaran (Unpad) Bandung.

Ganjar Pranowo, M. Nasir, dan Yos Johan Utama menekan tombol sirine bersama-sama.
Ganjar Pranowo, M. Nasir, dan Yos Johan Utama menekan tombol sirine bersama-sama.

Di puncak acara, suara sirine yang dibunyikan oleh ketiga tokoh tersebut dan letupan confetti menadakan launching Undip sebagai PTN-BH. Dilanjutkan dengan pemberian penghargaan dan sertifikat kepada dosen dengan kategori: publikasi jurnal internasional terbanyak, dana riset terbanyak, dan paten terbanyak, serta kepada mahasiswa yang memiliki prestasi nasional hingga internasional.

Acara selanjutnya adalah penandatanganan sertifikat, dan peninjauan stand pameran hasil riset dari setiap fakultas. Hiburan dari Paduan Suara Mahasiswa (PSM) Undip dan mahasiswa internasional juga disuguhkan dalam acara tersebut.

Aulia Pradipta Prabandaru (Manajemen, 2014), salah satu mahasiswa penerima penghargaan mengungkapkan bahwa acara ini sangat luar biasa. Dia pun berharap dengan status sebagai PTN-BH, Undip menjadi lebih baik. “Mudah-mudahan Undip bisa jadi lebih baik lagi, bisa lebih transparan dalam mengelola keuangan dan lebih meng-handle keuangan karena dengan Undip sebagai PTN-BH ini Undip memiliki otonomi untuk mengelola keuangan sendiri,” kata mahasiswa yang juga menjabat sebagai Ketua Sema FEB Undip 2017.

 

Reporter: Yolanda Bella, Trinindita Yuninggar

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *