Roadshow Paguyuban KSE Undip Di FEB, Dari Tips Hingga Info Pendaftaran

Undip (13/3) – Paguyuban Karya Salemba Empat Universitas Diponegoro kembali mengadakan sosialisasi program Beasiswa Karya Salemba Empat (KSE). Kali ini sosialisasi diadakan di Fakultas Ekonomika dan Bisnis (FEB), tepatnya di Ruang Serbaguna Gedung PKM lantai dua. Acara yang dimulai sekitar pukul 13.00 WIB ini bertujuan untuk mengenalkan lebih dalam beasiswa KSE kepada mahasiswa FEB.

Sosialisasi diawali dengan sambutan oleh Mirza Hanif Al Falah sebagai ketua panitia sosialisasi, dilanjutkan dengan penyampaian materi dari Miftakul Khaerudin (Kepala Bidang Kewirausahaan Paguyuban KSE Undip). Miftakul menyampaikan bahwa Beasiswa KSE ini tidak khusus ditujukan bagi mereka yang kurang mampu secara ekonomi maupun yang memiliki IPK tinggi. Mahasiswa dari kalangan menengah ke atas pun diperbolehkan mendaftar. “Beasiswa KSE ini tidak men-syaratkan Surat Keterangan Tidak Mampu (SKTM) dan IP yang tinggi, jadi mahasiswa dengan IP berapa pun  dan dari latar belakang ekonomi apa pun boleh mendaftar,” jelasnya. Pendaftaran Beasiswa KSE sendiri telah dibuka awal Maret, namun untuk menghindari server down tiap universitas dibagi waktunya. Undip mendapatkan giliran pada tanggal 7-10 April 2018.

Fasilitas yang didapatkan dalam program Beasiswa KSE tidak hanya berupa finansial, ada pula pelatihan pengembangan diri. “Kita dapat tunjangan finansial Rp 600.000 per bulan, juga ada pelatihan-pelatihan seperti leadership dan entrepreneur,” kata Miftakul. Keuntungan lainnya berupa networking, yaitu penerima beasiswa memiliki kesempatan yang lebih baik untuk diterima ke perusahaan donatur.

Miftakul juga memberikan beberapa tips agar bisa lolos dalam proses seleksi beasiswa ini. “Kelengkapan berkas dan esai adalah kunci penting agar dapat lolos seleksi. Tahun 2017, dari sekitar 1500 mahasiswa Undip yang melakukan apply, hanya 168 mahasiswa yang lolos dalam seleksi di tahap ini,” jelasnya. Saat applier menulis esai sebaiknya mereka mem-branding dirinya sebaik mungkin mengapa mereka pantas untuk mendapatkan Beasiswa KSE. “Jadilah mahasiswa yang memiliki branding bagus, tidak hanya sebatas mahasiswa biasa,” kata mahasiswa Fakultas Peternakan dan Pertanian tersebut.

FEB adalah fakultas ke sekian yang telah dikunjungi Paguyuban KSE Undip untuk menggelar roadshow. Jumlah peserta yang ikut dari fakultas ini terbilang sedikit dibandingkan fakultas lainnya, misalkan FK. Menurut Mirza, hal ini disebabkan karena roadshow diadakan saat jam kuliah. “Alhamdulillah meski yang datang hanya beberapa namun antusiasme kawan-kawan masih ada,” katanya. Terakhir, mahasiswa Fakultas Sains dan Matematika tersebut berpesan bagi peserta yang mengikuti roadshow agar menyebarkan informasi terkait Beasiswa KSE ke teman-temannya yang belum ikut roadshow.

Reporter: Nia Hantari, Igi

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *