Roadshow Rumah Amal Masjid Kampus Undip

FEB Undip (27/09) – Telah berlangsung acara Roadshow Rumah Amal Masjid Kampus Undip yang diadakan di Masjid At-Taqwa FEB Undip. Rumah Amal Masjid Kampus Undip adalah lembaga yang mengelola zakat, infaq, dan sadaqah di Universitas Diponegoro. Roadshow ini bertujuan untuk memperkenalkan diri dan mengedukasi civitas akademika Undip mengenai infaq, sadaqah, terutama zakat. Diharapkan acara ini dapat meningkatkan kesadaran melakukan zakat, tidak hanya zakat fitrah yang dilaksanakan setiap bulan Ramadhan tetapi juga zakat Mal.

Acara dimulai dengan pemaparan materi zakat oleh Marwini S. HI., MA., M.Si selaku dosen Ekonomi Islam FEB Undip. Ia menyampaikan materi tentang hukum zakat untuk pembangunan. Ia menengaskan bahwa zakat dilakukan ketika penghasilan seseorang baru saja didapatkan. Artinya sebagai dari penghasilan diambil untuk zakat, baru kemudian di konsumsi bukan sebaliknya. Zakat dapat menambah berkah dan menambah rezeki. Ia juga menegaskan bahwa zakat untuk pembangunan bisa dikategorikan sebagai fi sabilillah (pejuang di jalan Allah) jika pembangunan dilakukan untuk meningkatkan kesejahteraan umat.

Sebelumnya Rumah Amal Masjid Kampus Undip bernama ZIS Center Undip. Setelah itu berlindung di bawah naungan Rumah Amal Salman ITB agar dapat berstatus sebagai lembaga legal dan diakui. Dalam roadshow ini, Rumah Amal Masjid Kampus Undip juga memaparkan beberapa program unggulan seperti GIS (Gerakan Infaq Seminggu), Kenclengan, Dana Dakwah, Tanggap Bencana/Sosial, dan Penghimpunan Zakat Fitrah. Kenclengan merupakan salah satu program yang unik. Program tersebut berupa infaq. Nantinya diberikan tempat berbentuk tabung untuk tempat infaq dan dapat dibawa pulang. Jika tabung sudah terisi penuh, maka dikembalikan lagi ke  Rumah Amal Zakat Masjid Kampus Undip untuk diberikan kepada yang membutuhkan.

Banyak harapan yang tercurah dalam acara tersebut. Bara Bachtiar Aziz, Ketua Rumah Amal Masjid Kampus Undip, berharap bahwa acara ini dapat membumikan zakat, infaq, dan sadaqah di kalangan warga Undip. Selain itu Ita Asriani selaku ketua pelaksana, berharap dengan diadakannya roadshow ini dapat meningkatkan kesadaran membayar zakat dan tentunya meningkatkan jumlah muzakki di lingkungan civitas akademika Undip. “Rencananya roadshow ini akan terus dilakukan ke seluruh fakultas Undip dan akan berakhir pada bulan November.” tuturnya.

Reporter : Alyani

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *