Sediakan 50 Kantong, Kuota Pendonor Penuh dalam Satu Jam

FEB Undip (12/3) –  Bekerjasama dengan Palang Merah Indonesia, Mizan, dan Peduli Duafa, FEB Undip mengadakan donor darah untuk memperingati Dies Natalis FEB ke-55. Acara yang merupakan kegiatan rutin tahunan ini dilaksanakan di Gedung B Lantai 2. Menurut Ira Mardianti selaku penanggung jawab acara selain untuk menjalankan program kerja organisasi, donor darah ini dilakukan untuk membantu memenuhi kebutuhan darah.

Donor darah dimulai pukul 08.45 WIB yang ditandai dengan pembukaan pendaftaran calon pendonor. Setelah mendaftarkan, calon pendonor dapat langsung memeriksa kondisinya sesuai dengan syarat yang telah ditentukan. “Syarat-syarat untuk menjadi pendonor itu secara umum memiliki berat badan diatas 45kg, PH darah yang memenuhi, tidak sedang sakit dan khusus untuk perempuan tidak diperbolehkan pada saat datang bulan atau menstruasi, ibu menyusui dan hamil,” tutur Eni selaku anggota PMI yang memeriksa kondisi calon pendonor. Selanjutnya darah para pendonor akan dikumpulkan terlebih dahulu untuk kemudian diberikan kepada rumah sakit yang membutuhkan darah sesuai kriteria.

Donor darah tidak hanya mendapat sambutan baik dari mahasiswa, tetapi juga dosen dan karyawan. Hal tersebut terbukti dengan penuhnya kuota pendonor satu jam setelah dibukanya pendaftaran. Kegiatan ini menarik perhatian para pendonor, sedangkan kapasitas kantong darah yang disediakan oleh PMI hanya 50 saja. Ery mengaku bahwa respon mahasiswa Fakultas Ekonomika dan Bisnis Undip sangat bagus karena melebihi kapasitas yang telah disediakan. (gt)

Reporter : Grayce, Mentari

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *