Selamat Datang Keluarga Baru Universitas Diponegoro, Para Diponegoro Muda!

Mahasiswa Baru Membentuk Formasi Pangeran Diponegoro di Stadion Undip

Universitas Diponegoro (31/8) – Orientasi Diponegoro Muda (ODM 2015) resmi ditutup pada Senin (31/8) kemarin. Antusiasme yang tinggi terlihat di pelataran parkir stadion Undip sejak pukul 06.00. Saat ODM memulai open gate, para mahasiswa dari berbagai fakultas saling beradu menyanyikan yel-yel dari fakultas masing-masing. Menjelang pukul 07.00, para mahasiswa mulai membentuk mozaik Diponegoro di tengah lapangan yang akan digunakan untuk sesi foto angkatan. Dilanjutkan dengan pembukaan Closing Ceremony ODM melalui sambutan dari Pembantu Rektor IV, Ambariyanto.

Kehadiran Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo, disambut dengan gegap gempita oleh para mahasiswa. Ganjar tidak segan turun dari panggung dan menyapa langsung para mahasiswa. Ia memaparkan bagaimana mahasiswa bisa berperan serta dalam membantu Indonesia dan mengikuti semangat juang Pangeran Diponegoro, diikuti tanya jawab dengan beberapa mahasiswa.

Acara juga diselingi dengan persembahan drum band dari TNI angkatan udara guna menyambut aster TNI Mayjend Wiarto. Disusul dengan sesi pemotretan dari udara yang dilakukan oleh pesawat tanpa awak atau lebih dikenal dengan sebutan drone. Turut hadir sebagai pembicara Menteri Ristek dan Perguruan Tinggi, Muhammad Nasir. Selain menyampaikan pidato, ia pun didaulat untuk melakukan pelepaskan beberapa pasang burung dengan didampingi oleh Rektor Undip, Yos Johan Utama.

Upacara penutupan ODM bukan tanpa kekurangan. Kesulitan pihak panitia mengikuti rundown yang telah direncanakan akibat keterlambatan dari beberapa tamu undangan menjadi hambatan utama. “Ada beberapa yang kita kondisikan gitu loh, jadi ya sebeneranya sudah berjalan lancar,” tutur Yovan selaku koodinator lapangan Closing Ceremony ODM. Cuaca panas dan berdebu di stadion yang cukup menggangu para mahasiswa juga sempat membuat keadaan sedikit tidak kondusif saat pidato Menristek. “Saat pemotretan tadi terlalu lama dan banyak debu,” keluh Pratama, mahasiswa baru dari Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan.

Terlepas dari semua kekurangan, acara yang dihelat oleh Badan eksekutif Mahasiswa Undip ini diapresiasi dengan baik oleh para mahasiswa baru. Fenia, mahasiwa baru dari Fakultas Hukum, menuturkan bahwa acara tersebut sudah berjalan dengan baik, hanya saja cuaca panas kembali menjadi kendala untuk para mahasiwa baru. Yovan berharap agar Closing Ceremony tahun depan berlangsung lebih baik lagi. “Harapan mungkin ya semoga lebih kreatif lagi, kemasannya lebih menarik lagi karena jumlah maba yang hadir masih belum seperti yang diharapkan, dan promosi ke fakultasnya bisa lebih massive,” tambahnya. Selamat menjadi keluarga baru Universitas Diponegoro para Diponegoro Muda!

Reporter : Adhevyo Reza

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *