Selamat Datang Mahasiswa Baru

Undip (26/8) Senin, 26 Agustus 2013 serangkaian Program Penerimaan Mahasiswa Baru Universitas Diponegoro (PPMB Undip) diawali dengan upacara penerimaan mahasiswa baru bertemakan “Membentuk Mahasiswa Unggul dan Berkarakter” di stadion Undip Tembalang. Upacara yang dimulai pukul 07.30 itu dihadiri oleh rektor, senat, dekan di lingkungan Undip, pun tentunya mahasiswa baru.
Upacara PMB diawali dengan menyanyikan lagu-lagu kebangsaan, seperti Lagu Kebangsaan Indonesia Raya. Kemudian, dilanjutkan dengan peresmian PMB oleh rektor Undip. Peresmian tersebut dilakukan secara simbolis dengan pemakaian jas almamater dan penyerahan tanaman kepada perwakilan mahasiswa baru oleh Sudarto, Rektor Undip.
Pada tahun ajaran 2013/2014 Undipmenerima mahasiswa baru sebanyak 11.732 orang. Jumlah tersebut terdiri dari mahasiswa diploma, sarjana, magister, doktor, serta profesi. Mahasiswa baru yang mengikuti upacara PMB mengenakan pakaian putih hitam seperti pada tahun-tahun sebelumnya. Di lapangan terlihat personil-personil Korps Sukarela (KSR) Undip yang telah siap sedia membantu mahasiswa baru yang tidak kuat berdiri lama ketika upacara. Selain KSR ada pula anggota Menwa yang membantu jalannya upacara agar tertib dan rapi.
Upacara PMB tahun ini berlangsung secara hikmat meskiada beberapa mahasiswa yang lemas dan harus diberi penangan oleh tim KSR. Setelah upacara PMB pada hari ini akan dilaksanakan PMB di tiap-tiap fakultas mulai besok, 27 Agustus 2013.

Antusiasme mahasiswa baru pada hari pertama menjalankan PMB Undip sangat tinggi. Hal ini terlihat dengan ekspresi mahasiswa baru yang senang dan bangga seusai upacara. Diecha Ariesta, salah satu mahasiswa baru jurusan Ilmu Ekonomi Studi Pembangunan menyatakan bahwa ia merasa senang sekaligus bangga bisa masuk Undip dan turut serta sebagai peserta upacara PMB Undip tahun ini. Ia pun berharap agar Undip bisa semakin maju dengan adanya mahasiswa baru tahun ini yang smart, berbakat dan kreatif. (hya)

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *