SEMA FEB Undip Siap Jadi Inisiator Karya

Senat Mahasiswa (SEMA) Fakultas Ekonomika dan Bisnis Universitas Diponegoro telah melakukan rangkaian suksesi yang berlangsung selama 2 hari, yaitu hari Minggu, 27 November 2016, bertempat di ruang rapat lantai 1 Student Center Undip. Dilanjutkan pada Senin, 28 November 2016, bertempat di ruang pertemuan Joglo Belly. Suksesi ini dilakukan dalam rangka untuk memilih 3 pimpinan, yaitu ketua, wakil ketua, serta sekretaris jenderal SEMA FEB Undip.

Pemilihan ketiga pimpinan di SEMA FEB Undip ini dilakukan melalui musyawarah dimana melalui sidang suksesi. Pencalonan diri atau dicalonkan oleh senator lainnya menjadi rangkaian awal dalam suksesi. Kemudian ada seleksi persyaratan sebanyak 10 persyaratan dan kesediaan dari para calon untuk dicalonkan menjadi calon pimpinan. Setelah seleksi persyaratan dan kesediaan selesai, dilanjutkan dengan sesi pemaparan visi, misi, dan grand design dimana masing-masing calon mempunyai waktu 15 menit untuk menyampaikan ide serta gagasan yang dibawanya dan ada sesi tanya jawab yang dibagi menjadi 2 sesi, yaitu tanya jawab umum dan tanya jawab khusus. Selanjutnya musyawarah dimana ini merupakan inti dari pemilihan.

Dari hasil musyawarah bersama telah sepakat diputuskan bahwa  yang diberi amanah untuk memimpin SEMA FEB Undip setahun ke depan yaitu:

  1. Ketua                                    : Aulia Pradipta Prabandaru
  2. Wakil Ketua                        : Jihan Maulana Fikri
  3. Sekretaris Jenderal         : Nisaulfathonah Hidayati

Ada juga beberapa program andalan SEMA FEB Undip yaitu:

  1. Penguatan internal dari senator melalui Internal Legislative Training (ILT) untuk meningkatkan pengetahuan legislatif kepada senator serta menanamkan attitude moral dari senator dan melalui In House Training (IHT) untuk mengakrabkan satu sama lain.
  2. Pembentukan Badan Audit Kemahasiswaan (BAK) dimana BAK baru dimiliki oleh 5 universitas di Indonesia yang sudah PTN-BH, salah satunya adalah Undip dan di Undip baru SEMA FEB yang menerapkan. SEMA FEB Undip akan menghadiri konferensi nasional badan audit kemahasiswaan seluruh Indonesia di Bandung pada tanggal 28 Januari 2017.
  3. Pembuatan website dan email ormawa.
  4. Pelantikan bersama organisasi mahasiswa di FEB.
  5. Pembuatan video kelembagaan di FEB.
  6. In House Training (IHT) untuk pimpinan organisasi mahasiswa di FEB.
  7. Top 10 aspirasi dimana akan ada 10 aspirasi teratas yang akan diwujudkan di akhir kepengurusan.
  8. Senator menjadi representatif dari organisasi mahasiswa asalnya.
  9. Pembuatan forum lingkar ketua angkatan untuk meningkatkan partisipasi mahasiswa FEB.
  10. Mendorong organisasi mahasiwa di FEB untuk mengadakan kegiatan bersama.

Tahun ini SEMA FEB Undip membawa tagline #inisiatorkarya dimana harapannya bisa menginiasi hal-hal baru yang itu bermanfaat dan diterima oleh mahasiswa FEB secara umum dan organisasi mahasiswa secara khususnya serta menjadi teladan dan inisiator. Selain itu, SEMA FEB Undip sedang menyusun 1 komisi tambahan, yaitu komisi pengawasan dan sinergitas kelembagaan. Komisi tersebut akan mengawasi bidang-bidang yang ada di BEM.

“Harapan ke depannya untuk senat itu sendiri senat bisa menjadi lembaga strategis yang aktif dan dekat dalam menjaring aspirasinya, merangkai keharmonisan lembaga di FEB, dan menjadi inisiator karya-karya yang bermanfaat untuk meningkatkan partisipasi aktif mahasiswa FEB seperti itu. Jadi harapannya melalui aturan-aturan yang dibuat senat ini tidak memberatkan gitu ya justru malah memudahkan organisasi dan mahasiswa agar juga partisipasi mahasiswa FEB itu meningkat dengan cara yang baik juga,” ujar Dipta selaku ketua Senat Mahasiswa FEB Undip 2017.

Selamat kepada ketiga pemimpin baru Senat Mahasiswa FEB Undip. Semoga dapat membawa Senat Mahasiswa FEB Undip ke arah yang lebih baik.

 

Reporter : Trinindita Yuninggar

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *