Semangat Nasionalisme Generasi Muda

Generasi muda adalah generasi penerus bangsa. Seluruh keberlangsungan yang ada di negara Indonesia merupakan tanggung jawab yang harus dipikul oleh generasi pewarisnya. Semangat nasionalisme dan patriotisme harus ditumbuhkan oleh generasi muda agar ada persatuan dan kesatuan untuk membentuk Indonesia yang lebih baik di kemudian hari. Paham kebangsaan harus kita miliki termasuk cinta tanah air, rasa bangga akan tanah air Indonesia serta selalu menjaga kehormatan dan nama baik bangsa Indonesia harus selalu ada pada diri penerus bangsa.
Rasa cinta tanah air harus dipupuk sedini mungkin dihati penerus bangsa. Rasa ketertarikan untuk menjaga kehormatan dan nama baik bangsa merupakan suatu keharusan bagi kita generasi muda agar Indonesia tidak dipandang sebelah mata oleh dunia. Menghargai dan menghormati bangsa lain juga suatu kewajiban bagi kita generasi muda. Adanya sikap saling menghormati dan menghargai akan mampu menjaga perdamaian dunia dan ketentraman rakyat terjamin.
Semangat nasionalisme generasi muda sangatlah penting keberadaannya. Karena nasionalisme membentuk kesadaran dan kesetiaan terhadap bangsa dan negara tanpa memandang dari suku, ras, agama dan kelompok mana kita berasal. Dengan semangat nasionalisme tersebut, kerukunan antar masyarakat juga akan tumbuh. Sehingga tidak akan ada pertempuran dan peperangan antar masyarakat dalam sebuah negara.
Rasa cinta kepada Indonesia dapat dipraktekkan dalam mengisi kemerdekaan. Seperti dalam butir Pancasila sila ke III yang berbunyi “Persatuan Indonesia”, kita sebagai warga negara Indonesia dapat bersatu dalam mengisi kemerdekaan. Sudah sepantasnya kita selaku warga yang mencintai negara memiliki jiwa nasionalisme dan semangat dalam diri untuk menyambut hari kemerdekaan. Sikap yang ditunjukkan tidak melulu dengan mengikuti berbagi perlombaan, namun dapat kita tunjukkan dengan cara memiliki rasa cinta tanah air. Menempatkan kepentingan bersama di atas kepentingan pribadi seperti bergotong royong. Memupuk dan menjaga semangat persatuan dan kesatuan negara Indonesia. Serta ikut dalam mempertahankan dan memajukan tanah air kita tercinta.
“Indonesia tanah airku, aku berjanji padamu menjunjung tanah airku, tanah airku Indonesia”. Sepenggal bait “Dari Sabang Sampai Merauke” tersebut menunjukkan bahwa Indonesia sangat memiliki kecintaan terhadap bangsa dan negaranya. Bangsa Indonesia khususnya generasi muda memiliki tugas untuk membuat negara Indonesia maju di segala bidang.
Semangat nasionalisme dan patriotisme para pejuang kita telah dibuktikan dengan menghasilkan sebuah kemerdekaan untuk bangsa Indonesia. Kita sebagai generasi muda penerus bangsa harus bisa mengambil hikmah dan semangat nasionalisme serta patriotisme para pejuang kita sebagai tauladan. Kita harus terus berjuang, bersemangat, dan selalu optimis untuk memberikan yang terbaik kepada tanah air tercinta. Hal-hal tersebut dapat kita semua wujudkan dengan belajar, berprestasi, serta mengharumkan nama bangsa dan dapat mengisi kemerdekaan ini dengan sebaik-baiknya serta dengan semangat nasionalisme dan patriotisme.
Anih Purwanti
Magang 2012
Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *