Seminar Muslimah 2013: The Power of Love Management

Undip (28/04) — Seminar Muslimah 2013 dengan tema The Power of Love Management “Memantapkan Hati, Menuju Cinta yang Hakiki” diadakan hari Minggu (28/04) di Ruang Serba Guna Fakultas Kedokteran Universitas Diponegoro (FK Undip). Acara ini terselenggara atas kerjasama Rohani Islam Kedokteran Umum (ROHIS KU) Undip dan Forum Silaturahmi Mahasiswa Muslim Ilmu Keperawatan (FOSIMMIK) Undip.
Acara yang dimulai pukul 08:00 WIB ini dibuka dengan pembacaan ayat suci Al Quran. Dalam sambutannya, dr. Endang Ambarwati, dekan FK Undip menyampaikan bahwa tidak ada yang bisa mengatur kita jika berbicara mengenai pribadi dan emosi. “Yang mengatur adalah diri kita sendiri dan cinta merupakan hal yang kompleks,ujarnya.
Sebelum memasuki acara inti (seminar –red), peserta disuguhi tari saman dari grup tari Saman. Darwis atau yang lebih dikenal dengan nama pena Tere Liyehadir sebagai pembicara pertama. Penulis berusia 33 tahun ini menyampaikan materi mengenai Perasaan, Perasaan, dan Perasaan. “Bicara tentang perasaan, ‘kaki-kaki’-nya sangat banyak dan kadang saya tidak tahu harus memulai dari mana,begitu ia mengawali materinya.
Tere Liya saat sesi tanya jawab

Sebelum berbicara lebih jauh, Tere Liye memberi kuis kepada peserta untuk menghitung seberapa jauh tingkat kegalauan mereka. Ia juga memberi contoh-contoh cerita cinta Islami,seperti kisah cinta Fatimah dan Ali bin Abi Thalib. Menurutnya, ada empat pondasi saat seorang muslimah jatuh cinta, yakni kekuatan “tidak bilang”, hakikat menunggu, hakikat berharap, dan widom “pergi”. “Cinta adalah cara Tuhan menanamkan kepada seseorang untuk menjaga keseimbangan hidupnya,ujarnya.

Di akhir materinya, Tere berpesanagar percaya bahwa kita juga akan memiliki kisah cinta yang spesial. “Sepanjang kita memiliki pemahaman yang baik seperti Ali bin Abi Thalib dan Fatimah,pesannya.
Selanjutkan, acara dilanjutkan dengan kuis untuk mendapatkan empat novel karya Tere. Selain itu, peserta juga disuguhkan penampilan akustik dari pengisi acara yang membawakan lagu Ayat-Ayat Cinta.
Pukul 11.00 WIB seminar dilanjutkan dengan empat pembicaralainya, yaitu dr. Hermawan Istiadi, dr. Anggiyasti Vidya Hapsari, dr. Widya Eka Nugraha, dan dr. Iffa Muthmainah. Keempat pembicara ini merupakan dua pasangan suami istri, yakni Hermawan beristrikan Anggi dan Widya beristrikan Iffa. Mereka membagi pengalaman menikah tanpa berpacaran kepada para peserta. (hya)
Reporter: Mia Rusliyanti
Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *