Seminar Nasional: Daya Saing Lulusan Pendidikan Tinggi Dalam AEC2015

Seminar dan Talkshow PROVEL 2013 (doc. Edents)

FEB UNDIP (12/10) Himpunan Mahasiswa Jurusan Ilmu Ekonomi dan Studi Pembangunan (HMJ IESP) FEB Undip kembali selenggarakan Project of Economic Development (PROVEL) pada tahun 2013. Acara yang rutin diadakan ini memiliki terdiri ada beberapa rangkaian kegiatan, salah satunya Seminar Nasional. Mengangkat tema “Menggagas Daya Saing Lulusan Pendidikan Tinggi di Era Liberalisasi Jasa Dalam Menghadapi ASEAN Economic Community 2015”, seminar diselenggarakan Sabtu (12/10). Bertempat di Borobudur Ballroom Santika Premiere Hotel, Semarang, acara dihadiri oleh dosen FEB Undip, peserta LKTI CONCERNS, dan mahasiswa baik dari Undip maupun luar Undip.

Seminar Nasional PROVEL2013 ini terdiri dari dua sesi dan diawali dengan pemutaran video. Sesi pertama merupakan pemaparan materi oleh Widyo Winarso yang mewakili Dirjen DIKTI, Abdul Wahab Bangkona (Dirjen Pembinaan Pelatihan dan Produktivitas Kementrian Tenaga Kerja dan Transmigrasi). Pada sesi ini Firmansyah (Akademisi FEB Undip) bertindak sebagai moderator.
Dalam pemaparannya, Widyo Winarso menekankan hal-hal apa saja yang harus dilakukan untuk menghasilkan lulusan yang baik sehingga dapat bersaing dengan negara-negara ASEAN. Sedangkan Abdul Wahab menjelaskan mengenai daya saing tenaga kerja Indonesia dalam menghadapi dinamika AEC 2015. Usai pemaparan materi dari kedua pembicara, dilanjutkan dengan sesi tanya jawab dan pemberian plakat kepada pembicara. 
Sesi kedua merupakan talkshow yang dimoderatori oleh Rifi Fazrina (pengurus HMJ IESP). Pembicara pada talkshow adalah Dwi Agus Pramudya (Direktur Keuangan PT Pegadaian), Arief Danardono (Kepala Kantor Bank CIMB Niaga Cabang Jawa Tengah),dan Imam Apriyanto Putro (Sekretaris Kementrian BUMN). Sebelum talkshow dimulai, Mohamad Nasir, Dekan FEB Undip memberikan kata sambutannya.
Acara terakhir yaitu pengumuman pemenang LKTI CONCERNS. Juara pertama dimenangkan oleh Ardy Sugionodan Aditya Susanto dari Universitas Brawijaya. Juara kedua diraih oleh Deny Iswanto dan Elfi Handayani dari UIN Syarif Hidayatullah Jakarta. Sedangkan juara ketiga disabet oleh Saepuloh, Sahma Aselira, dan Melisa Cipto Wulandari dari Universitas Padjajaran. Sedang, untuk pemenang esai akan diumumkan pada acara Gala Dinner yang diadakan malam hari di Seratta usai seminar. (hya)
Reporter: Anih Purwanti, Afrina Zuchra
Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *