Seminar Nasional DEFEST 2015, Optimalisasi Potensi Desa Guna Mewujudkan Kemandirian Ekonomi Bangsa

FEB Undip (7/11) Rangkaian Diponegoro Economics Festival (DEFEST) 2015, kembali dilanjutkan dengan seminar nasional. Kali ini, Seminar DEFEST berlangsung di Hall Pertamina Dekanat FEB Undip dengan tema Optimalisasi Potensi Desa Guna Mewujudkan Kemandirian Ekonomi Bangsa. Acara dimulai pukul 08.00 WIB, dibuka oleh Rizal Hari Magnadi selaku Staff Ahli Bidang Kemahasiswaan. Turut hadir sebagai pembicara, Suryokoco Suryoputro selaku Pendiri Desa de Institute, HM. Syahrial Yusuf sebagai Dewan Pembina Parade Nusantara dan Penggagas Desa de Institute, serta Perwakilan dari PT. PLN, Agus Hariyanto.

Materi yang dibicarakan oleh para pembicara menjelaskan seputar peran penting pelaksanaan pembangunan desa baik dari segi ekonomi, sosial, dan budaya untuk mencapai kesejahteraan bersama masyarakat Indonesia. Perbincangan mengenai tema seminar tersebut sejalan dengan langkah maupun kebijakan yang dikeluarkan pemerintah terkait pelaksanaan Undang-Undang Desa Nomor 6 Tahun 2014. Selain membahas mengenai sistematika pelaksanaan undang-undang desa, pembicara juga menekankan peran sumber daya yang dimiliki oleh setiap desa baik berupa sumber daya manusia, keuangan, ekonomi, sosial budaya, alam, serta untuk mencapai kesuksesan implementasi dari UU desa tersebut. “Keberhasilan desa tergantung pada bagaimana desa mengelola sumberdaya yang dimiliki,” ujar Suryokoco Suryoputro. Selain itu, mahasiswa juga memiliki tanggung jawab moral untuk turut serta mewujudkan kemandirian ekonomi bangsa Indonesia, melalui pemanfaatan kreativitas yang dimiliki guna menciptakan bibit-bibit wirausahawan. “Untuk menjadi bangsa yang memiliki kemandirian ekonomi, dibutuhkan banyak pengusaha. Sekarang ini di Indonesia baru sedikit pengusaha, maka kalian lah generasi-generasi pengusaha selanjutnya yang mampu menciptakan kemnadirian ekonomi bangsa,” ujar Syahrial Yusuf. Sementara itu materi terakhir yang dibahas oleh Agus Hariyanto terkait peran serta Perusahaan Listrik Negara (PLN) sebagai produsen listrik dalam menunjang optimalisasi potensi desa.

Antusiasme yang tinggi terhadap seminar ini terlihat dari banyaknya peserta yang mengajukan pertanyaan kepada para pembicara saat sesi tanya-jawab. “Acaranya bagus. Topik yang dibahas juga merupakan isu yang sedang booming. Pembicaranya seru,” ujar Muhammad Rifa’I mahasiswa Ilmu Ekonomi Universitas Brawijaya. Panitia seminar Nasional Defest 2015 juga mengapresiasi antusisme peserta yang hadir dalam acara tersebut. “Panitia mengucapkan terima kasih banyak kepada semua peserta yang telah hadir. Kita tidak menyangka mereka begitu antusias mengikuti acara Seminar Nasional ini. Terimakasih juga kepada semua panitia yang telah membantu mensukseskan acara ini. Saya mewakili panitia juga minta maaf sendainya banyak kekurangan dalam acara ini. Semoga Seminar Defest tahun depan dapat berjalan lebih baik lagi,” ujar Ferdian Saputra ketua Seminar Nasional Defest 2015. (gt)

Reporter : Shelby Devianty Widodo

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *