Seminar Nasional Ketahanan Energi

Undip (18/04) – Seminar Nasional bertemakan “Membangun Kedaulatan Pengolahan Migas dalam Kerangka Ketahanan Energi Nasional” diselenggarakan Kamis (18/04) di Gedung Prof. Sudharto, S.H. Acara ini terselenggara berkat kerja sama Kementerian Sosisal Politik BEM KM Universitas Diponegoro (Undip) dengan Serikat Pekerja Persada IV Pertamina Jawa Tengah dan DIYogyakarta.
Tak hanya dihadiri mahasiswa Undip, seminar ini juga dihadiri mahasiswa dari perguruan tinggi lain seperti Universitas Gadjah Mada, Universitas Negeri Yogyakarta, Universitas Negeri Semarang, dan Universitas Pandanaran. Selain itu, hadir pula perwakilan BEM se-Semarang pun BEM se-Universitas.
Seminar Nasional Ketahanan Energi (dok. Edents)
Seminar dibuka pukul 09:00 WIB dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya serta Hymne Undip. Setelah itu, PSM Undip menyanyikan Mars Federasi Serikat Pekerja Pertamina Bersatu (FSPBB). Acara dibuka oleh perwakilan dari Pembantu Rektor III.  Dua dari empat pemateri, yaitu Kurtubi dan Marwan Batubara. 
Kurtubi, ketua bidang Energi memaparkan mengenai tata kelola aset atau kekayaan alam yang ada di perut bumi didasarkan atas UU Migas No.22/2001 dan UU Minerba No.4 /2009. Menurutnya, hal tersebut menyimpang dari konstitusi, menghilangkan kedaulatan negara, merugikan negara secara finansial, dan  menghilangkan peluang bagi negara untuk bisa mengakumulasi dana dari cadangan sumber daya alam.

Dalam Prinsip Perubahan dan Restorasi Tata Kelola Migas dan Tambang dijelaskan bahwaaset berupa cadangan terbukti harus dinyatakan sebagai milik negara, dikelola, dibukukan oleh Perusahaan Negara. Aset tersebut bisa menjadi terobosan sumber pembiayaan yang sangat besar bagi pembangunan infrastruktur untuk dapat mendorong pertumbuhan ekonomi Double Digit secepatnya.  
Lain halnya dengan Marwan Batubara, direktur Indonesian Resources Studies (IRESS) menyampaikan materi “Pengelolaan Energi Konstitusional: Kasus Blok Mahakam.” Marwan menjelaskan bahwa pengelolaan energi dikuasai negara. Hal ini dilakukan untuk menjamin ketahanan energi serta mensejahterakan rakyat
Seminar ini dimeriahkan pula oleh tarian Saman HI FISIP Undip. Selain itu, dibagikan pula doorprize untuk peserta di sela-sela pemaparan materi. Acara ditutup dengan ikrar Undip yang diikuti oleh seluruh peserta seminar. (hya)
Reporter: Ami, Asti
Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *