Seminar Sharing Beasiswa : Menggapai Mimpi Lewat Beasiswa

20160903_151514

FEB UNDIP (3/9) – Fakultas Ekonomika dan Bisnis (FEB) Undip bekerja sama dengan Internasional Office (IO) FEB Undip melaksanakan acara Seminar Sharing Beasiswa yang bertajuk Achieving Your Dream Through Scholarship. Acara yang berlangsung di Hall Gedung C ini dimulai pada pukul 09.10 dengan dibuka oleh Wakil Dekan IV, Amie Kusumawardhani. Jalannya seminar ini dipandu oleh Riska, Mahasiswa Magister Manajemen Undip yang juga merupakan salah satu pertukaran pelajar ke Jepang.

Seminar dibagi menjadi 2 sesi, yaitu sesi pertama dimulai dengan menghadirkan 4 pembicara. Pembicara pertama yaitu I Made Andi Arsana yang menjelaskan mengenai bagaimana tips dan trik untuk mendapatkan beasiswa khususnya beasiswa keluar negeri. ”Intinya adalah kalian harus memiliki atau berada di dekat teman-teman yang baik dengan Anda, dan kunci utamanya adalah berhubungan baik dengan kedua orang tua, karena restu dan doanya lah yang menjadi pendorong utama selain usaha Anda,” tukas penulis buku Berguru ke Negeri Kanguru ini.

Dilanjutkan oleh pembicara kedua yaitu Jaka Aminata yang sudah 11 tahun menjajal hidup di luar negeri. Dosen University of Le Harve  ini pernah merasakan bekerja di perusahaan besar di Jepang serta menjabat sebagai Top Manager di bidang Logistik. Berbeda dengan pembicara sebelumnya, pada sesi ini Jaka lebih memberikan informasi mengenai peluang bagi mereka yang ingin melanjutkan kuliah mereka di Benua Eropa.

Setelahnya, dilanjutkan oleh pembicara ketiga dan keempat yaitu Anastasia Angesti dan Nyimas Melia yang merupakan mahasiswa FEB sebagai peserta Summer Course Di Vrjie Universiteit, Amsterdam, Belanda. Anastasis dan Nyimas saling berbagai pengalaman kepada peserta seminar mengenai pengalaman mereka selama mengikuti Summer Course si Amsterdam.

Dilanjutkan pada sesi kedua yang menghadirkan dua pembicara yaitu Dewi Safitri yang merupakan penerima Beasiswa Chevening di United Kingdom (UK) dan juga merupakan pewarta dari CNN Indonesia serta M. Fahmi Priatna yang merupakan penerima beasiswa LPDP Program Master Double Degree Universitas Indonesia dan National Graduate Institute for Policy Studies, Japan.  Dewi Safitri mengatakan bahwa Motivation Latter merupakan kunci untuk mendapat beasiswa ke luar negeri. “Selain IELTS yang menjadi utama namun juga motivation latter ini juga menjadi salah satu penentu,” jelas Dewi. Kemudian M. Fahmi memaparkan mengenai prosedur dan cara-cara unutk ikut dalam beasiswa LPDP yang diterimanya. ”Kalau ingin diterima beasiswa ini, kalian harus punya bekal yang setidaknya bisa diandalkan,” tukas Fahmi.

Mirwan selaku kepala IO FEB Undip berharap dengan adanya acara ini adalah untuk menggugah mahasiswa untuk lebih berkembang lagi khususnya dalam berbahasa inggris dan untuk lebih membuat mahasiswa lebih peduli dengan isu – isu global sehingga dapat memperbaiki bangsanya. ”Kita ingin setiap mahasiswa FEB undip itu aware dan menjadi agen perubahan untuk bisa menjadi warga Negara yang baik. Seseorang itu harus liat ke luar dulu lalu balik ke sini dan memperbaiki,” jelas Mirwan. Acara ditutup dengan penyerahan pelakat dan foto bersama.

Reporter : Nungky Dwi N

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *