Semnas Digital Journalism and Creative Writing LPM Manunggal

Aiman Witjaksono sedang menyampaikan materi (doc. Edents)
Undip (8/12) – LPM Mangunggal Undip selenggarakan Seminar Nasional bertajuk Digital Journalism and Creative Writing pada Minggu (8/12). Bertempat di gedung LPPU Undip, seminar ini menghadirkan Setiawan Hendra Kelana (Pemimpin Redaksi suaramerdeka.com), Aiman Witjaksono (News AnchorKompasTV), serta Bernard Batubara (Penulis). Acara dibuka oleh Asisten III Walikota Semarang bidang Kerjasama dan Informasi, Tommy Yormawan.

Materi pertama disampaikan oleh Setiawan Hendra Kelana yang menjelaskan mengenai perkembangan  media digital saat ini. Kemudian dilanjutkan oleh Aiman Witjaksono. Aiman menyatakan bahwa negara yang demokrasinya berjalan, persnya juga berkembang. “Komunikasi tumbuh seiring demokrasi,” jelasnya. Lebih lanjut ia menjelaskan bahwa seorang wartawan dalam karyanya semuanya mengarah pada dua hal, yakni pembawa kebenaran dan pemberi peringatan. Materi terakhir diisi oleh Bernard Batubara yang menjelaskan bagaimana cara menulis fiksi.

Tomi Prayogi selaku ketua panitia menyatakan bahwa terselenggaranya acara ini tak luput dari beberapa kendala. “Wah banyak banget kalau kendalanya, kendalanya yang pertama dari masalah biaya, kita pertamakan bukan agendain acaranya disini (LPPUred), tapi di auditorium (FISIP) jadi kita bener-bener nggak nganggarin buat uang gedung dan lain-lain konsumsi,” jelas Tomi. Ia menambahkan bahwa kurangnya koordinasi antar panitia menjadi kendala lainnya.

Meskipun mengalami beberapa kendala, seminar nasional ini berhasil merangkul 320 peserta. “Jumlah peserta yang berhasil dirangkul untuk pendaftarnya itu sebenarnya sampai 320, tapi yang hadir kebetulan sampai sekarang cuma250-anlah,” jelasTomi. Ia berharap, seminar nasional yang sudah menjadi agenda tahunan LPM Manunggal ini, dapat lebih baik di tahun depan dengan bercermin dari kendala-kendala yang dihadapi di tahun ini. “Tapi akhirnya ya Alhamdulillah. Bisa jadi tahun depan diharapkan juga bisa, lebih di organisasiin lagi masalah uang dan lain-lain,” imbuhnya. (nq)

Reporter : Mia

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *