Serba Serbi Pemilihan Raya FEB

FEB Undip (11/11) – Pemilihan Umum Raya Fakultas Ekonomika dan Bisnis (Pemiltas FEB) telah selesai dihelat. Tujuannya untuk memilih Ketua dan Wakil Ketua BEM FEB periode 2015-2016. Kali ini, acara puncak Pemira FEB dilaksanakan secara serentak dengan pemilihan tiga ketua HMJ dan empat ketua HMPS yang ada di FEB.

Tempat pemungutan suara berada di Gedung A lantai 2 untuk Jurusan Manajemen, Gedung B lantai 2 untuk Jurusan Akuntansi, serta Gedung C lantai 1 untuk IESP, Akuntansi, dan Manajemen. Sementara untuk Program Studi, Ekonomi Islam bertempat di Gedung C lantai 4 dan DIII berada di pelataran parkir Program Profesi Akuntansi FEB Pleburan. Penggunaan hak suara dilakukan dengan menunjukkan Kartu Tanda Mahasiswa (KTM) ataupun Kartu Flazz kepada pihak panitia untuk mengonfirmasi identitas pemilih. Panitia menyediakan 3000 surat suara untuk seluruh mahasiswa angkatan 2012 hingga 2015. Namun, terlambatnya distribusi logistik Pemira serta pembukaan TPS yang tidak sesuai jadwal menyebabkan pemilihan mengalami keterlambatan selama 30 menit. Pemungutan suara baru dilaksanakan pada pukul 08.30 WIB.

Terkait mahasiswa Manajemen dan Akuntansi yang dapat memilih di dua tempat, Barra Bahtiar selaku Ketua Pemira FEB menjelaskan bahwa hal itu sudah dipikirkan dengan matang agar tidak terjadi kasus pemilih ganda. “HMJ Manajemen itu, kita mengikuti mereka dengan menggunakan metode google docs melalui sambungan internet. Kalau untuk HMJ Akuntansi itu menggunakan sistem memakai HT,” jelasnya.

Berbeda dengan tahun sebelumnya, kali ini panitia telah menyewa enam orang anggota Resimen Mahasiswa (Menwa) untuk menjaga keamanan dan kelancaran Pemira. “Tujuannya itu untuk mengamankan berjalannya Pemiltas atau pencoblosan hari ini, agar calon pemilih dan keberlangsungnya acara tetap dalam kondisi,” terang Barra. Barra juga mengatakan bahwa pemakaian Menwa sebagai petugas keamanan merupakan kebijakan masing-masing fakultas.

Pelaksanaan Pemira 2015 FEB tidak terlepas dari kendala. Barra mengatakan bahwa kendala utama yang dihadapi panitia adalah koordinasi. Terbukti dengan adanya penggunaan kardus air mineral sebagai kotak suara. “Kendalanya itu terkait koordinasi, koordinasi yang jauh juga antara tiap gedung dan DIII,” keluh Barra. Selain itu, kendala koordinasi juga timbul dikarenakan sinyal yang buruk di setiap gedung. Koordinasi atau pesan yang disampaikan oleh satu orang itu tidak bisa langsung diterima oleh orang lain.

Meskipun surat suara pemilihan ketua jurusan himpunan telah selesai dihitung dan telah menetapkan ketua himpunan baru (sementara), namun penghitungan suara untuk Ketua dan Wakil ketua BEM masih akan dilakukan esok hari. Perhitungan surat suara untuk HMJ dan HMPS di S1 FEB menghasilkan ketua terpilih yaitu, Rendi Afriandi untuk HMJM dengan 195 suara, Roy Hansend Gultom untuk HMJA dengan 195 suara, Yermianto D.P. untuk HMJ IESP dengan 126 suara, serta Faiq Khusni untuk HMPS EI dengan 39 suara. Sementara BEM dan HMPS DIII, perhitungan suara akan dilaksanakan besok (12/11) pagi di Dome FEB Undip Tembalang untuk BEM dan Ruang Sekretariat HMJ untuk HMPS DIII. (gt)

Reporter : Lili, Sadewa

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *