SET 2013, Perkenalan Menuju Zaman Ekonomi Syariah

Suasana SET 2013 (doc. Edents)
FEB Undip (30/11) – Kelompok Studi Ekonomi Islam Fakultas Ekonomika dan Bisnis Universitas Diponegoro (KSEI FEB Undip) kembali gelar Sharia Economics Training  (SET) pada Sabtu (30/11). Acara yang bertempat di EB 3.04 FEB Undip ini merupakan bagian dari open recruitment (oprec) KSEI 2013.

SET 2013 dimulai pukul 09.00 WIB dan dibuka dengan Tilawah Qur’an. Acara dibuka secara simbolis oleh Fitrie Arianti. “Jika lebih mengenal Islam, kita dapat lebih dalam mengkaji apa yang bias kita saring dari globalisasi, ujar Fitrie saat membuka acara.

Seluruh peserta seminar bersama dengan pembicara SET 2013 mendiskusikan konsep-konsep dasar dalam ekonomi syariah. Abdul Ghofur, dosen IAIN Walisongo Semarang memaparkan bahwa ekonomi syariah merupakan sebuah sistem yang baik  jika diterapkan. “Ekonomi kapitalis itu harus dipertanyakan mengenai misi mereka yang katanya mensejahterakan,” ujar. Menurutnya sistem kapitalis hanya mengutamakan kepentingan diri sendiri, contohnya pemberlakuan bunga. “Sistem bunga ini sudahlah jelas merupakan praktek riba jika dipandang dalam Islam apalagi menjerat orang-orang yang tak mampu. Maka penting sekali menggali sistem lain karena tidak semua sistem barat itu sesuai,” tegasnya.

Dalam seminar dan talkshow ini disuguhkan pula film animasi berjudul “The American Dreams”. Film ini bercerita tentang awal mula sistem perbankan kapitalis di Amerika. Di penghujung acara, secara serentak peserta seminar menyanyikan mars “Ekonomi Rabani”. Seminar ini juga masih akan dilanjutkan keesokan harinya (Minggu, 1/12) dengan agenda training motivasi dan kelanjutan oprec KSEI. (nq)

Reporter: Dilla, Ika
Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *