Sharing Beasiswa, BEM FEB Hadirkan 3 Penerima Beasiswa Unggulan

FEB Undip (25/3) –  BEM FEB UNDIP menggelar salah satu program kerja mereka yaitu Scholarship Sharing In FEB (SHOPING IN FEB) 2017. Acara ini berkonsep talkshow dengan dipandu oleh moderator Nurdiana Indah selaku Kepala Departemen K&PSDM BEM FEB 2016. Acara sharing beasiswa ini menghadirkan pembicara dari beasiswa unggulan di beberapa lembaga  diantaranya Ketua Tanoto Scholars Assosiation UNDIP, Adolf Roberto Sinaga; Beswan Astra 1st yang diwakilkan oleh Abdul Jabbar Jawwadurrohman atau akrab disapa dengan Jawad yang sekaligus merukapan Top 5 Finalist of “Mahasiswa Berprstasi Tingkat Nasional” 2015; dan yang terakhir yakni beswan LPDP 2017 Candidate Student in Durham University U.K Rumaisah Azizah Al Adawiyah atau akrab disapa Rumy.

Ketiga pembicara ini menjelaskan detail mengenai informasi beasiswa yang mereka terima,  tak lupa juga memberikan motivasi kepada audiens melalui prestasi yang telah mereka capai. Di samping itu mereka memberikan kiat-kiat membranding diripada era yang serba modern ini diantaranya yaitu meningkatkan kemampuan digitalisasi, sense making, social intelegent, kepekaan dan adaptif, cross cultural competition, computional thingking, optimalkan penggunaan media komunikasi, dan kemampuan mendesign mind set.

Beasiswa Tanoto merupakan beasiswa yang diberikan oleh Tanoto Foundation yang mana pemberian beasiswa bisa diikuti oleh seluruh mahasiswa di Indonesia. Sistem seleksi yang diterapkan dalam pemberian beasiswa tanoto, diantaranya mengikuti seleksi berkas dilanjuti dengan pemberian Tes Potensi Akademik (TPA), Tes Psikologi, dan FGD (Forum Group Discussion). Seleksi ini diadakan secara bertahap dan menggunakan sistem gugur, yang mana jika teman-teman tidak lolos di tahap berkas tidak mungkinkan teman-teman untuk mengikuti seleksi selanjutnya.

Beasiswa LPDP merupakan bentuk beasiswa yang ditunjukkan untuk program doktoral, magister serta beasiswa bagi afirmasi (beasiswa yang ditujukan kepada orang-orang yang berada di daerah tertinggal misal daerah Timur Indonesia serta mahasiswa dari alumni bidikmisi). Dana yang diperoleh dari Beasiswa LPDP ini merupakan dana APBN yang membawahi Badan Keuangan Negara, yang mana dana inilah yang pakai untuk selanjutnya disalurkan kepada mahasiswa-mahasiwa terpilih.

Beasiswa Astra merupakan beasiswa yang di danai oleh PT. Astra Int, Tbk, yang mana para beswan Astra ini mendapatkan benefit yang juga tak kalah banyak nya dengan beaiswa lainnya, seperti : Kontribusi pendidikan, program pengembangan diri selama 1 tahun seperti pengadaan training, dan juga kesempatan belajar di lingkar Astra Group sehingga para beswan dapat mengenal dunia kerja lebih dekat.

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *