Sharing Info Beasiswa

Sharing Info Beasiswa
Sharing Info Beasiswa

FEB Undip (10/4) – Minimnya informasi beasiswa di lingkungan FEB Undip melatarbelakangi Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) FEB Undip untuk menggelar acara sharing info beasiswa pada Kamis (10/4). Vika selaku ketua acara menyatakan, sharing info beasiswa ini digelar sebagai wujud bakti BEM kepada masyarakat FEB Undip dalam rangka menyebarluaskan informasi. Acara ini dihadiri utusan Rektorat Undip, pihak Dekanat FEB Undip, lembaga penyedia beasiswa, dan mahasiswa penerima beasiswa.

Sharing informasi yang digelar di dome FEB Undip ini menerangkan berbagai bentuk beasiswa, baik yang berasal dari negeri maupun swasta. Pada umumnya, lembaga penyedia beasiswa menekankan bahwa beasiswa difokuskan bagi mahasiswa dengan tingkat ekonomi kurang mampu, yakni jumlah penghasilan keluarga selama satu bulan dibawah lima juta rupiah. Namun, terdapat pula lembaga pemberi beasiswa yang lebih mementingkan kualitas peserta didik sehingga calon penerima beasiswa tidak perlu menyertakakan surat keterangan tidak mampu (SKTM). Salah satunya ialah beasiswa Karya Salemba Empat (KSE).

“Saat mendaftar beasiswa KSE, tidak perlu melampirkan SKTM dan IPK tidak harus tiga koma,” tutur Aji salah satu penerima beasiswa KSE. Menurutnya, beasiswa KSE lebih mencari mahasiswa yang berkualitas dan mengalami kenaikan progres ditiap semesternya. Persyaratan yang harus dipenuhi  untuk beasiswa pun berbeda-beda, ada yang wajib mengumpulkan esai, makalah, IPK lebih dari tiga koma lima, dan lainnya, tergantung kebijakan lembaga penyedia beasiswa.

“Aku baru tahu gimana caranya mau cari informasi tentang beasiswa, lewat mana dulu, terus tahap-tahapnya dari registrasi sampai wawancara,” ujar Esther salah seorang peserta. Ia mengatakan bahwa acara ini bermanfaat, karena mahasiswa dapat memperoleh referensi mengenai beasiswa dan tahu tahapan dalam mendaftar beasiswa tersebut. (nq)

Reporter: Indah, Saula

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *