Sharing Session bersama Mandiri Investa

(dok.Edents)
(dok.Edents)

Semarang (5/4) – Dewi Mahanani, Client Service and Direct Individual and Atl. Channel Dept. PT Mandiri Manajemen Investasi, memberikan kiat investasi dan berbagi informasi terkait reksadana dalam acara Sharing Session Mandiri Investa “My Investment My Future”. Acara ini berlangsung di restaurant Joss Steak, BQ Square Tembalang pada Sabtu (5/4). Dalam sesinya, Dewi menjelaskan kepada peserta tentang pentingnya investasi. “Dengan berinvestasi, ada tujuan untuk melindungi aset dalam arus inflasi, mencapai tujuan hidup yang telah direncanakan,” tuturnya. Dewi menyatakan bahwa tidak perlu modal yang besar dalam berinvestasi. Sebab yang dibutuhkan hanya kemampuan dan kedisiplinan.

Menurut Dewi, penyebab orang yang merasa tidak sejahtera ialah kebiasaannya dalam hal menunda pekerjaan, menghabiskan dana yang dimiliki, inflasi yang terus meningkat setiap tahun, serta kebijakan pemerintah. Oleh karena itu, ia menyarankan untuk melakukan perencanaan keuangan agar dapat mengambil keputusan keuangan secara baik dan benar. Salah satunya dengan berinvestasi di reksadana, “reksadana ialah wadah yang digunakan oleh perusahaan manajer investasi untuk menghimpun dana kolektif dari para pemodal,” papar Dewi. Sebab, dana dari para pemodal selanjutnya akan diinvestasikan oleh manajer investasi dan direinvestasikan ke portofolio efek, baik saham, obligasi, maupun pasar uang.

Lebih lanjut Dewi menjelaskan, apabila seseorang ingin berinvestasi di reksadana, maka ia harus memahami terlebih dahulu reksadana yang cocok untuk dirinya. Langkah pertama ialah mengenali risiko. Reksadana dengan risiko paling kecil hingga besar berturut-turut ialah pasar uang, pendapatan tetap, campuran, kemudian saham. Selanjutnya memperhitungkan jangka waktu dalam investasi dan langkah terakhir yaitu menentukan tujuan yang hendak dicapai dalam berinvestasi.

Dewi memaparkan bahwa di Mandiri Investa terdapat beberapa portofolio yang ditawarkan untuk setiap reksadana antara lain, Mandiri Investa Pasar Uang, Mandiri Investa Dana Utama, Mandiri Investa Dana Obligasi Seri 2, Mandiri Investa Dana Syariah, Investasi Dana Dollar Mandiri, Mandiri Investasi Aktif, Mandiri Investasi Syariah Berimbang, Mandiri Investasi Ekuitas, serta Mandiri Investasi Dinamis. Selain memberikan materi dan informasi mengenai investasi dan reksadana, Dewi pun menceritakan pengalaman dirinya ketika berinvestasi di reksadana saham. Menurut pengalamannya, return yang diperoleh dari suatu investasi umumnya akan terlihat di tahun ketiga. Sharing session ini dilanjutkan dengan tanya-jawab yang dimeriahkan dengan doorprize berupa lima buah mp3 player yang diberikan Dewi kepada peserta yang dapat menjawab pertanyaannya. (nq)

Reporter: Rio Putri

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *