Sindo Media Goes to Campus : Edukasi Jurnalistik Lengkap dalam Satu Hari

Undip (13/12) – Bekerja sama dengan Sindo Media, Lembaga Pers Mahasiswa Manunggal Universitas Diponegoro menyelenggarakan talkshow dan workshop “Konvergensi Media di Era Digital” di Aula Gedung I FPIK Universitas Diponegoro pukul 09.45 hingga 16.00. Acara ini bertujuan untuk memberikan wawasan seputar jurnalistik serta mempromosikan Sindo Media. Beberapa petinggi Sindo Media seperti Djaka Susila, Hanna Farhana, Driantama R.S., Haryanto Saputra serta Ahmad Antoni dihadirkan dalam acara bertajuk “Sindo Media Goes to Campus” ini.

Talkshow dimulai dengan sambutan sekaligus pembukaan oleh Warsito Kawedar selaku Pembantu Rektor III. Kemudian sambutan oleh Ketua Pelaksana, Mizan Ikhlasul Rahman, dan Pemimpin Umum LPM Manunggal, Dila Naharikra. Selanjutnya, penyampaian materi pertama oleh Djaka Susila, membahas cara-cara yang dilakukan media cetak terkait pesaing-pesaing beratnya, televisi dan Internet. Menurutnya, media cetak tidak harus ‘melawan’ kedua pesaingnya tersebut, tetapi merangkul keduanya. “Kita cari kelemahan dari internet, lalu kita kembangkan kelebihan dari media cetak, itu yang kita usahakan untuk survive,” ujar Djaka.

Materi kedua disampaikan oleh Driantama yang membahas seputar pertelevisian. Selain memberikan gambaran seputar Sindo TV, ia juga mengatakan bahwa inovasi adalah jalan keluar terbaik agar media dapat terus bertahan dan eksis di masyarakat dalam bersaing dengan internet.

Keuntungan menjadi seorang pers disampaikan oleh pembicara ketiga, Hanna Farhana. Tak tanggung-tanggung, menurutnya menjadi seorang wartawan tak hanya menjadi orang yang paling tahu, tetapi juga memiliki banyak koneksi dengan orang-orang penting di masyarakat.

Mizan selaku ketua pelaksana mengaku puas dengan partisipasi dan antusiasme peserta yang hadir. “Orangnya kelihatan seratus, tapi kayak seribu orang karena antusiasme,” ujar Mizan. Beberapa kendala pun dihadapi oleh Manunggal, khususnya dalam hal perizinan universitas. Mizan berharap, talkshow dan workshop ini dapat menambah wawasan, ilmu, dan inspirasi jurnalistik serta menjadi media pemersatu antarberbagai LPM yang ada di Undip. (gt)

Reporter : Filza, Dara

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *