Socialpreneur, Wirausaha dengan Jiwa Sosial

FEB Undip (28/9) Kelompok Mahasiswa Wirausaha (KMW) FEB Undip mengadakan Workshop Creative Socialpreneur pada Sabtu dan Minggu, 28-29 September 2013, bertempat di Hall gedung C FEB Undip. Workshop itu merupakan agenda pertama dalam rangkaian acara Apprentice Business Challenge(ABC) yang diadakan KMW.
Workshop yang bertajuk Grow Your Business with Social Character tersebut dimulai pada pukul 09.00 wib dan dibuka oleh Fitrie Arianti selaku pembina KMW.  Menurut Fitrie, acara ini diadakan untuk menambah pengetahuan mengenai kewirausahaan dan mendorong tumbuhnya jiwa enterpreneurship di kalangan mahasiswa. Pada hari pertama (28/9) workshop, dihadirkan tiga wirausahawan sebagai pembicara.
Sesi pertama diisi oleh Robby Adiarta, cofounder Waterplant, Angkringan Cekli. Robby menjelaskan lima kunci sukses bisnis, yaitu keyakinan, manajemen waktu, berbagi, menahan diri, dan mengikhlaskan. Selain itu, Robby juga memberikan kata-kata motivasi agar para calon wirausaha senantiasa berbagi kepada sesama. Jika saya bahagia, orang lain juga harus bahagia. Jika saya sejahtera, orang lain juga harus sejahtera, ujar Robby.
Dilanjutkan sesi kedua yang diisi oleh Nadya Fadila Saib, cofounder Wangsa Jelita. Nadia menyampaikan materi mengenai Pemanfaatan Bisnis dalam Penyelesaian Masalah Sosial. Selain itu, perempuan yang kini sudah mengembangkan bisnisnya ke luar Indonesia ini mengungkapkan sebuah toolsbagi para peserta workshop. Sebuah tools yang dibutuhkan bagi wirausahawan adalah business model canvas, ungkap Nadia.
Kemudian, sesi terakhir diisi oleh M.Bijaksana Junerosano, co-founderGreeneration Indonesia. Berawal dari keprihatinan atas penurunan kualitas lingkungan yang terjadi di Indonesia, Sano pun sukses mengembangkan produk yang ramah lingkungan, yaitu tas lipat pakai ulang BaGoes. Hal ini dia lakukan untuk mengurangi penggunaan dan sampah kantong plastik yang tidak ramah lingkungan. 
Setelah penjelasan materi dari Sano, panitia acara workshop memberikan penjelasan mengenai magang challenge yang merupakan kelanjutan dari rangkaian acara Apprentice Business Challenge. Acara Workshoppun ditutup pada pukul 15.30 dan dilanjutkan esok (29/9) di tempat yang sama. (hya)
Reporter: Gita, Eka
Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *