Soft Launching Kelompok Mahasiswa Wirausaha (KMW)

FEB Undip (10/01) – Bertempat di Hall Gedung C FEB Undip, Kelompok Mahasiswa Wirausaha (KMW) mengadakan acara Soft Launching KMW 2014/2015. Acara ini bertujuan untuk memperkenalkan KMW melalui prestasi dan pencapaian yang telah diraih, pemimpin baru KMW periode 2014/ 2015 Ismail Mubarak sekaligus para pengurus KMW kepada pihak internal FEB seperti para dosen. Soft Launching dimulai pada pukul 10.00, diawali dengan kata sambutan oleh Ida Sakina selaku ketua acara dan dibuka oleh Suharnomo. Terakhir, pemberian materi bisnis dan sosialisasi business plan oleh Nugroho selaku konsultan dan kontraktor kepada anggota dan pengurus KMW.

Soft Launching hanya diadakan sekali seumur hidup dan baru dilaksanakan pada tahun ini. Hal ini mengingat pada tahun-tahun sebelumnya KMW belum sempat memperkenalkan diri  di lingkungan internal FEB terutama di kalangan para dosen. Acara Soft Launching bukan termasuk dalam program kerja tahunan KMW, sehingga pendanaanya ditanggung sepenuhnya oleh KMW pribadi. Nugroho selaku pembicara utama dalam acara ini, menceritakan pengalamannya mengenai dunia usaha yang digelutinya sebagai konsultan dan kontraktor. Juga memberikan motivasi terhadap wiramuda untuk tidak mudah menyerah dalam berwirausaha dan selalu mencoba menjadi wirausaha.

Soft Launching KMW diselenggarakan saat Ujian Akhir Semester (UAS) berlangsung yang berakibat pada munculnya beberapa kendala dalam persiapannya. Menurut Ida Sakina, deadline waktu merupakan faktor kendala yang paling utama. Ia menambahkan bahwa persiapan acara hanya dilakukan selama tiga minggu, itupun telah terpotong oleh waktu belajar para pengurusnya, sehingga rapat koordinasi dilakukan di sela-sela UAS dan juga via media sosial.

Setiap kegiatan mempunyai manfaat yang dapat kita pelajari. Soft Launching ini salah satunya, memberikan motivasi kepada kita untuk mau berwirausaha. Pantang menyerah dalam memulai dan menggeluti usaha meskipun dalam kenyataannya terdapat banyak sekali kendala dalam bisnis.

Ida berharap kepengurusan KMW tahun 2014/2015 lebih fokus pada mentoring untuk pengurusnya daripada fokus pada program kerja seperti yang dilakuakan oleh kepengurusan tahun lalu. Hal ini dikarenakan Ida menginginkan agar para pengurusnya yang telah menjadi bagian dari KMW bisa memperoleh ilmu dari kewirausahaan itu sendiri. (gt)

Reporter : Tias, Gadis

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *