Stabilitas Perbankan dalam Menghadapi Guncangan Perekonomian

FEB Undip (23/5) – ECOFINSC FEB Undip menggelar seminar Banking Education series kedua bertajuk “Stabilitas Perbankan” pada Jumat (23/5). Bertempat di hall gedung C FEB Undip, acara ini menghadirkan Bancass Specialist Manager Assurance Banking Group PT. CIMB NIAGA Tbk, Arief Novisto.

Seminar dimulai pada pukul 08.30 WIB dan diawali dengan sambutan Maria Roshandra, mewakili ketua acara yang berhalangan hadir. Ia mengatakan bahwa stabilitas perbankan perlu dipahami dalam menghadapi guncangan perekonomian, baik yang berasal dari dalam maupun luar negeri. Sambutan kedua disampaikan oleh Wisnu Mawardi selaku pembina ECOFINSC. “Bagi mahasiswa tetaplah mengikuti acara ini, karena materinya menunjang materi perkuliahan,” ujarnya.

Anandika Ibna Pratama bertindak sebagai moderator seminar. Dalam materinya, Arief menjelaskan persoalan-persoalan yang terjadi di dunia perekonomian, baik di dalam maupun luar negeri. Kemudian mengerucut kepada masalah yang dihadapi perbankan, yakni masalah likuiditas dan masalah solvabilitas. Selain masalah, perbankan pun menghadapi berbagai risiko antara lain risiko kredit, risiko likuiditas, dan risiko pasar. Di akhir materinya, Arief menampilkan sebuah video yang menggambarkan stabilitas perbankan.

Acara dilanjutkan dengan sesi tanya jawab dan penyerahan plakat dari pihak ECOFINSC FEB Undip dengan CIMB NIAGA. Sebelum acara ditutup, Rosalin dari CIMB NIAGA menyampaikan informasi mengenai tips-tips bagi mahasiswa yang ingin mengikuti magang. (nq)

Reporter : Gita Suksesi

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *