Sulitnya Ciptakan Demokrasi dalam Mimbar Bebas HMPS Ekonomi Islam

FEB Undip (5/11) – Himpunan Mahasiswa Program Studi Ekonomi Islam adakan mimbar bebas pertama di Dome FEB Undip. Bertemakan The Founder (Find Your Next Leader), acara ini diselenggarakan guna memfasilitasi pemilihan ketua HMPS Ekonomi Islam periode 2015/2016. Mimbar bebas dimulai pukul 09.30 WIB dengan pembacaan tilawah. Kemudian dibuka oleh Rizal selaku Staf Ahli Bidang Kemahasiswaan. Turut hadir sebagai panelis Afief El Ashfahany (Ketua BEM FEB Undip 2013/2014), Feisal Ardi (Presiden KSEI 2014/2015), Amir Suryo (Ketua HMJ IESP), dan Fathan Qoriba (Ketua HMPS Ekonomi Islam).

Kedua Calon Ketua HMPS 2015/2016 Beserta Panelis: Afief El Ashfahany, Amir Suryo, Fathan Qoriba, dan Feisal Ardi

Sebelum sesi tanya jawab, masing-masing calon ketua HMPS memaparkan visi misi mereka, dimulai dari Faiq Husni sebagai calon dengan nomor urut satu dan dilanjutkan oleh calon nomor urut dua yaitu Demas Asfario. Sementara itu, tanya jawab dibagi ke dalam tiga sesi yaitu pembahasan visi-misi masing-masing calon ketua, pertanyaan umum, dan tanya jawab antara kandidat dengan audiens. Salah satu pertanyaan khusus dari panelis adalah mengenai kesiapan tiap calon untuk memimpin HMPS Ekonomi Islam. Faiq mengatakan bahwa ia memiliki kesiapan 80 persen untuk menjadi ketua HMPS, sisanya berasal dari teman-teman yang mendukungnya. Sementara Demas memiliki kesiapan 90 persen dan 10 persen berasal dari motivasi ustadz dan teman-temannya. terakhir, pertanyaan dari audiens yang menanyakan seputar kelebihan dan kekurangan lawan. Demas menilai Faiq kurang berpengalaman dalam berorganisasi juga kurang konsisten. Namun, Faiq adalah orang yang dapat membantah secara logis. Sedangkan Faiq menilai Demas sebagai pribadi yang kurang tanggap saat ada yang berpendapat dan suka bercanda walaupun ia kritis, terorganisir, dan juga objektif.

Tidak ada masalah serius saat mimbar bebas ini berlangsung. Siku-menyiku diantara keduanya tidak terjadi. “Problem dari HMPS berbeda dengan himpunan lain. Kedua calon memang sahabatan jadi tampak adem-adem aja, sehingga untuk menimbulkan demokrasi masih kurang,” jelas Oktiana selaku ketua suksesi HMPS Ekonomi Islam. Salah satu peserta yang hadir, Rehan, mengatakan bahwa tidak ada kekurangan dalam mimbar bebas kali ini. Masalah kemoloran waktu tidak terjadi dan sesuai dengan estimasi. Acara selesai tepat pukul 11.00 WIB.

Kedepannya Oktiana berharapan agar mimbar bebas tahun selanjutnya dapat lebih baik lagi dan dapat memfasilitasi untuk pemilihan ketua berikutnya. Selain itu, Rehan turut berharap agar para pemilih bisa memilih secara objektif sesuai dengan visi misi yang telah dipaparkan pada mimbar bebas. (gt)

Reporter : Afnurul Widya Permata

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *