Syiar Ekonomi Islam dalam Dunia Kerja

FEB Undip (15/6) –Sharia Fair merupakan salah satu eventeksternal Kelompok Studi Ekonomi Islam (KSEI) FEB Undip. “Siap Menghadapi Dunia Kerja dalam Lembaga Keuangan Syariah” menjadi topik utama Sharia Fair tahun ini. Rangkaian acara yang terdiri dari talkshowdan expo lembaga keuangan syariah ini diadakan di Gedung A FEB Undip, tepatnya di ruang EA 3.4 pada pukul 08.00 WIB.
Hadir sebagai pembicara Wisnu Mawardi, salah satu dosen FEB Undip dan Raditia Rahman salah seorang alumni FEB Undip yang menjabat sebagai Relationship Manager Corporate Bank Muamalat Indonesia. Vena Gustian, manajer Kajian dan Penelitian KSEI memoderatori jalannya talkshow tersebut.
Wisnu Mawardi saat memberikan materi ekonomi islam dalam Sharia Fair (doc. Edents)

Pada sesinya, Wisnu menyampaikan bahwa alasan ekonomi islam baru bisa berkembang sekarang, tak lain disebabkan kesibukan umat dengan hal lain seperti halnya penjajahan. Wisnu juga memaparkan beberapa prinsip ekonomi islam diantaranya yaitu: hidup dengan hemat tidak bermewah-mewah, menjalankan usaha yang halal, dan implemental zakat.

Setelah teori dan konsep disampaikan oleh Wisnu. Raditia menyampaikan praktek dari pengalamannya yang telah bekerja di lembaga keuangan syariah. Ia berbagi informasi mengenai pentingnya program kualifikasi keuangan islam global dengan peningkatan kompetensi Islamic Finance Qualification (IFQ), salah satu program yang digagas Chartered Instituten for Securities and Investment (CISI) di Inggris.
Setelah talkshow, MC menginformasikan bahwa expo dari lembaga keuangan syariah tidak jadi dilaksanakan karena ada misscommunicationantara panitia dan pihak lembaga keuangan syariah. Sehingga acara diganti dengan presentasi company profile lembaga keuangan syariah oleh Salman Fathoni salah satu panitia. (hya)
Reporter: Kharisma
Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *