Tangkis Berita Hoax, Bank Indonesia Sosialisasikan Uang Keluaran Terbaru

228608

Semarang (18/1) – Bank Indonesia Jawa Tengah melakukan sosialisasi uang keluaran baru kepada mahasiswa, akademisi, dan guru dari jenjang SMP hingga SMA mengenai Cara Identifikasi Keaslian Uang Rupiah (CIKUR). Selain sosialisasi uang keluaran baru, BI Jateng juga menyosialisasikan tugas-tugas Bank Indonesia kepada masyarakat.

Bertempat di Ruang Lokapala, Lantai 8 Gedung Bank Indonesia Jawa Tengah, acara dimulai pukul 09.30 WIB. Pihak panitia penyelenggara mengungkapkan bahwa langkah ini dilakukan oleh Bank Indonesia (BI) selaku bank sentral negara Indonesia sebagai satu-satunya pihak yang berhak untuk mencetak dan mengedarkan uang untuk menyosialisasikan mengenai alasan pemilihan gambar pahlawan pada uang kertas. Hal ini guna memenuhi amanat UU No. 7 Tahun 2011 sebagai bentuk penghormatan kepada pahlawan.

Selain itu, BI juga ingin menangkis tudingan-tudingan yang tidak benar terhadap pemilihan warna uang yang menyerupai mata uang negara lain serta logo BI yang menyerupai lambang partai terlarang di Indonesia.

Memasuki sesi inti, Kepala Tim Sistem Pembayaran dan Pengelolaan Uang Rupiah Kantor Perwakilan BI Provinsi Jawa Tengah, FX Bambang Santoso, menjelaskan mengenai teknologi rectoverso yang digunakan pada uang kertas tahun emisi 2016 keluaran BI. “Jadi logo kita (BI) tidak berubah, kita menggunakan teknologi untuk menghindari pemalsuan yaitu rectoverso. Teknologi ini sudah digunakan oleh negara-negara lain duluan seperti Korea Selatan, Thailand, Malaysia dan banyak negara lain,” ujar Bambang.

Bambang pun menambahkan, “Jika kita menerawang uang keluaran terbaru, maka akan tampak logo BI yang dipotong secara diagonal pada sisi depan dan belakang. Jadi jika ada tudingan Hoax tentang logo kita menyerupai suatu ideologi partai terlarang itu sudah jelas tidak benar,”

Setelah melalui sesi penjelasan yang cukup panjang, para peserta diberi kesempatan oleh panitia untuk bertanya. Setiap peserta yang mengajukan pertanyaan diberi imbalan berupa souvenir menarik dari Bank Indonesia. Tingginya antusiasme peserta tampak dari banyaknya jumlah pertanyaan dari peserta yang memakan durasi sesi tanya-jawab hampir dua jam.

Pihak BI berharap kepada para peserta yang hadir dan mengikuti sesi sosialisasi agar mengedukasi orang-orang terdekat terkait dengan uang keluaran terbaru Bank Indonesia. BI juga berharap agar peserta mencermati setiap informasi yang diterima melalui baik media massa dan media sosial. Acara sosialisasi pun ditutup dengan jamuan makan siang bagi para peserta yang hadir sebelum para peserta meninggalkan ruangan.

Reporter : Arsenio Wicaksono

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *