Tim KKN Undip Desa Kaliprau Lakukan Pelatihan dan Sosialisasi Produk Olahan Bandeng

Pemalang (16/07) – Tim KKN Tematik UNDIP kelompok agrominapolitan melakukan sosialisasi pembuatan kerupuk tulang ikan, keripik sisik ikan, pembuatan bandeng asap cair di  Desa Kaliprau, Kecamatan Ulujami, Kabupaten Pemalang. Kegiatan ini bertujuan untuk mengajak warga dalam pemanfaatan limbah bandeng yang belum diolah menjadi sesuatu yang bernilai ekonomis tinggi, seperti tulang ikan, sisik bandeng, dan jeroan bandeng. Inovasi ini diharapkan dapat meningkatkan pendapatan UMKM dan mengurangi limbah yang belum terolah.

Acara ini dilaksanakan di rumah Bu Eva selaku ketua UMKM olahan bandeng yang beralamat di RT 1 RW 10. Ibu-ibu anggota UMKM sangat antusias mengikuti pelatihan tersebut. Acara sosialisasi ini dihadiri oleh 6 orang anggota UMKM olahan bandeng Mawar Merah II dan Kelompok Cemara.

Acara dimulai sekitar pukul 10.00 dan langsung dilakukan demonstrasi pembuatan keripik sisik ikan, kerupuk tulang ikan, dan pembuatan bandeng asap cair. Warga antusias dengan kegiatan ini karena langsung melakukan praktek di dapur sehingga warga dapat melihat langsung proses pembuatan aneka olahan bandeng yang diajarkan. .

Kegiatan sosialisasi pembuatan produk ditutup dengan sosialisasi perlindungan konsumen. Sosialisasi ini menjelaskan tentang hak dan kewajiban yang harus dipenuhi oleh produsen dan konsumen. Sehingga dalam proses jual beli atau perdagangan tidak ada pihak yang dirugikan. (sdw)

*Press Release Tim KKN Tematik Undip Desa Kaliprau, Kecamatan Ulujami, Kabupaten Pemalang

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *