Tingkatkan Jiwa Solidaritas melalui Eksoga 2018

FEB Undip (12/5) – Ekis Solidarity Games (Eksoga) 2018 yang diselenggarakan Himpunan Mahasiswa Ekonomi Islam (HMEI) resmi ditutup. Acara tersebut ditutup dengan lomba akademik yaitu Ranking 1, dengan kemenangan dari angkatan 2015. Dalam acara penutupan Eksoga, juga diumumkan para pemenang dari berbagai lomba lain yang telah dilaksanakan.

Eksoga sendiri berlangsung dari tanggal 21 April 2018 hingga 12 Mei 2018. Ada yang membedakan Ekosoga tahun ini dengan tahun lalu, di tahun ini Eksoga terdiri dari 5 jenis perlombaan, memiliki 2 cabang lomba baru jika dibandingkan dengan tahun lalu. Adapun kegiatan yang dilombakan adalah Futsal, Bulu Tangkis, Traditional Games, E-Games, dan Rangking 1.

Nuzula, selaku Wakil Ketua Pelaksana Eksoga menuturkan bahwa Eksoga merupakan acara yang dibentuk guna meningkatkan solidaritas antarangkatan Ekonomi Islam. “Sampai saat ini kan Ekonomi Islam itu hanya ada empat angkatan, jadi gimana caranya biar satu jurusan ekonomi islam itu bisa dekat dan agar ukhuwah-nya tetap terjaga,” ujar Nuzula. Ia juga menegaskan bahwa Eksoga adalah acara untuk seluruh angkatan bukan hanya untuk salah satu angkatan saja.

Dalam pelaksanaannya Eksoga menemui beberapa kendala. “Kendala yang dihadapi sudah pasti sama dengan acara-acara yang lain yaitu ngaret, itu pasti. Kurang koordinasi dan komunikasi juga kendalanya,” ungkap Nuzula. Ia berharap ke depannya seluruh mahasiswa Ekonomi Islam bisa berkumpul jadi satu dan memiliki chemistry satu sama lain. “Diharapkan chemistry itu bisa muncul dan istilah bahasa jawa itu ora ndewe,” tambah Nuzula.

Faizin, salah satu peserta Eksoga 2018, menilai bahwa keberlangsungan acara tersebut sudah sesuai ekspektasinya, akan tetapi ia menyayangkan minimnya partisipasi dari tiap angkatan. “Buat acara sendiri menurutku sudah seru, sudah menarik, bisa menjadi wadah untuk kita. Walaupun sebenarnya ada sedikit kekurangan sih dari partisipasi antarangkatan aja, itu masalah bukan dari kegiatanya tapi dari orangnya masing-masing kan punya kepribadian yang beda-beda,” tutur Faizin. Ia juga berharap agar Eksoga ke depan memiliki variasi yang lebih menarik dalam rangkaian acaranya.

Reporter: Putri, Fatimah

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *