Tokopedia, Ciptakan Bisnis Sesuai Passionmu

CSs9qp4UAAA7PJr

Undip (1/11) Unit Kegiatan Mahasiswa Riset and Business (UKM RnB) selenggarakan talkshow dan workshop bersama Tokopedia. Acara ini merupakan program kerja dari divisi pembinaan dan eksternal project UKM RnB. Bertempat di Gedung Prof.Soedarto SH, acara yang mengangkat tema Bisniskan Passionmu ini dimulai dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya. “Tema yang diangkat itu bisniskan passion-mu. Sesuai dengan passion-mu, ciptakan peluang yang ada pada diri kamu,” ungkap Rahayu Damayanti selaku ­Vice President UKM RnB 2015.

Sesi pertama adalah talkshowpreneur. Pembicara yang dihadirkan dalam sesi ini adalah CEO Tokopedia, Saller Tokopedia, dan Coach Passion Preneur. Dedy Dahlan selaku Coach Passion Preneur, menjelaskan materi mengenai cara membuat sebuah passion menjadi sebuah bisnis. Menurut Dedy, tidak perlu menunggu situasi ideal untuk membangun mimpi, mulailah dari sekarang, dari yang ada, dan perbaiki seiring berjalannya waktu. Mustika, salah satu seller Tokopedia dan Leontinus Alpha Edison selaku CEO Tokopedia juga berbagi cerita dan pengalaman tentang bisnis di dunia maya. “Tidak ada hambatan di tokopedia bagi pemula,” ungkap Mustika. Leontinus juga berpesan kepada para peserta bahwa dalam membentuk sebuah bisnis diperlukan tujuan yang jelas serta harus memiliki kemampuan terlebih dahulu.

Setelah sesi talkshow, acara dilanjutkan dengan workshop yang membagi peserta ke beberapa kelas, dimana setiap kelasnya akan dipimpin oleh moderator dan pembicara. ”Jadi udah dibagi empat kelas. Nah nanti setiap kelas itu ada moderator ada pembicaranya juga,” ungkap Rahayu.

Rahayu menjelaskan bahwa kendala yang dihadapi panitia dalam acara ini adalah pembagian tugas yang kurang spesifik, sehingga ada yang mendapatkan tugas ganda. Namun, terlepas dari kendala yang dihadapi panitia, Rahayu mengaku senang dan lega atas pelaksanaan talkshow dan workshop ini.

Sri Rahayuningsih, salah satu peserta, mengatakan bahwa acara tersebut bagus dan ia berniat untuk membuka usaha kecil-kecilan. Rahayu pun berharap agar kedepannya peserta dapat membuat suatu jenis usaha sesuai dengan passionnya. “Apa ya kita bisa menciptakan bisnis sesuai apa yang ia suka. Selain itu juga promosi UKM RnB,” tutup Rahayu. (gt)

Reporter : Nur Wahidin

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *