TOT Observer

FEBUndip (19/8)TOT Pendidikan Karakter Mahasiswa Baru Berbasis SCL merupakan acara training yang diselenggarakan oleh Fakultas Ekonomika dan Bisnis Universitas Diponegoro (FEB Undip) yang bertujuan untuk memberikan pelatihan kepada observer, koordinator, dan dosen pendamping sebelum dilaksanakannya Program Penerimaan Mahasiswa Baru (PPMB) dan Pendidikan Karakter 2013. Acara ini bekerja sama dengan Tim Pendidikan Karakter Mahasiswa Baru Undip dan diselenggarakan pada hari Senin (19/8) di Pertamina Hall, Gedung Dekanat lantai 3.
Acara ini tidak hanya dihadiri oleh mahasiswa dariperwakilan organisasi intra kampus maupun ekstra kampus FEBUniversitas Diponegoro, namun dihadiri pula oleh beberapa mahasiswa perwakilan dari Fakultas lain Undipseperti Fakultas Kedokteran, Fakultas Psikologi, Fakultas Ilmu Budaya, dan Fakultas Peternakan dan Pertanian. Selain itu, acara ini dihadiri pula oleh dosen FEB Undip.
TOT Pendidikan Karakter Mahasiswa Baru (PKMB) yang dimulai pukul 08:30 WIB dibuka dengan Penyampaian mengenai Penjelasan UmumPMB dan Pendidikan Karakter di FEB 2013 beserta Tata Tertib Peserta Program Penerimaan Mahasiswa Baru (PPMB) dan Pendidikan Karakter oleh Edy Yusuf, selaku Pembantu Dekan III FEB Undip. Kemudian diadakan workshop enam sesi, yang disampaikan oleh Hastaning Sakti, Psikolog selaku dosen Psikologi Universitas Diponegoro dan dibantu beberapa mahasiswa perwakilan dari fakultas lain.
Pada awal workshop, Hastaning menyampaikan materi mengenai Dinamika Kelompok Pendidikan Karakter Mahasiswa Baru untuk Membina mahasiswa UNDIP yang IDEAL (Inspiring, Dedicative, Emphatic, and Accountable Leadership). Paparnya untuk menjadi mahasiswa Undip yang IDEAL perlu adanya penilaian diri. Urutan teknik pelaksanaan penilaian diri adalah share and show my talenta (perkenalan dg potensi diri), human being in planet (mimpi, modal intelektual, modal emosi, modal sosial, ketabahan, spiritual, dan kesehatan reproduksi), Aku dan Negeriku (identitas nasional dan wasantara), Who am I  to who we are (identitas diri dan kelompok), kepemimpinan berkarakter (nilai kejuangan Diponegoro), kerjasama, inisiatif, dan dukungan, kita dalam Pancasila, filosofi dan visi-misi, serta games outdoor.

Setelah mengikuti pelatihan ini diharapkan mahasiswa UNDIP dapat menjadi agen perubahan yang mempunyai jiwa pemimpin yang mampu memberikan inspirasi, dedikasi dengan empatik dan bertanggungjawabAcara TOT Pendidikan Karakter Mahasiswa Baru (PKMB) ini ditutup dengan menyanyikan Slogan dan Yel-yel Mahasiswa Baru. (hya)
Reporter: Erli Anggraeni
Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *