Tumbuhkan Kesadaran Pemuda Lewat Forum Peduli Energi

Undip (3/9) – Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Universitas Diponegoro selenggarakan Forum Peduli Energi pada Kamis (3/9) kemarin di Gedung Prof. Soedarto. Acara ini terlaksana berkat gagasan BEM Undip bersama BEM dari universitas di Jogja, Solo, Semarang, dan Purwokerto (Jogloseto). Dimaksudkan sebagai sarana diskusi untuk membuka pemikiran mahasiswa sekaligus menemukan solusi dari permasalahan energi di Indonesia, panitia mengangkat tema “Pemuda Indonesia Peduli Energi”. Forum ini diadakan selama dua hari dan akan diakhiri dengan peresmian Forum Peduli Energi yang berarti kinerja BEM Undip telah usai. Namun, hal tersebut tidak menutup kemungkinan bahwa forum ini akan berlanjut dengan adanya pembentukan LSM atas partisipasi universitas di DIY dan Jawa Tengah beserta mahasiswa yang ingin bergabung.

Persiapan acara seminar ini dibilang sangat singkat hanya 3-4 hari sehingga sosialisasi yang dilakukan pun hanya lewat sosial media dan backdrop. Walaupun demikian, jumlah peserta yang hadir lebih dari 300. Panik, sulitnya mempersiapkan penginapan untuk mahasiswa yang datang dari Yogyakarta dan Purwokerto, serta listrik yang sempat padam diakui sebagai kendala yang dihadapi panitia dalam penyelenggaraan acara ini. Samuel berharap kelak Forum Peduli Energi dapat berkelanjutan menjadi LSM yang besar brandnya.

Dimulai pukul 09.00, acara diawali dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya, dilanjutkan dengan sambutan oleh Samuel selaku Ketua Panitia, Risky Haerul Imam selaku Ketua BEM Undip, serta Budi Setiyono selaku Pembantu Rektor III. Kemudian, forum dibuka dengan penyerahan penghargaan dari Lembaga Prestasi Indonesia – Dunia (LEPRID) atas prestasi di bidang pendidikan berupa pemecahan rekor konfigurasi manusia berbentuk mozaik Pangeran Diponegoro. Penghargaan ini diberikan kepada Universitas Diponegoro dan BEM Undip selaku pemrakarsa mozaik Diponegoro yang dibentuk pada penutupan Orientasi Diponegoro Muda (ODM) Senin (31/8) lalu. Pembuatan Mozaik ini juga dibantu oleh Tim dari Teknik Geodhesi dan Tim Drone Undip.

Berikutnya, penyampaian materi oleh Agung Nugroho selaku Dosen S1 Elektro Undip yang memaparkan tentang potensi dan keadaan energi yang ada di Indonesia. Menurutnya, Indonesia masih mengandalkan energi dari fosil sehingga perlu adanya tantangan pengembangan energi terutama energi baru terbarukan. Sementara itu, Marwan Batubara selaku Direktur Eksekutif Indonesian Resources Studies (IRESS) lebih menerangkan tentang tata kelola migas yang sesuai dengan konstitusional. Dilanjutkan dengan pemaparan dari Faisal Yusuf, Presiden Konfederasi Serikat Pekerja Migas Indonesia (KSPMI), dan Ugan Gandar dari FSPPB. Pembicara-pembicara yang handal dihadirkan dengan harapan akan menambah pemahaman tentang peduli energi itu sendiri. Menurut Samuel sebagai ketua penyelenggara, “Teorinya, kalau mau cari solusi pahami dulu masalahnya. Itu yg selama ini kurang dimengerti. Maka, kami fasilitasi ini agar mendapat pembahasan secara mendalam.”

Reporter : Afnurul, Dian P.

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *