Undip Sambut Belasan Ribu Mahasiswa Baru 2018

Undip (6/8) – Bertempat di Stadion Universitas Diponegoro Semarang, telah dilaksanakan Upacara Pembukaan Orientasi Diponegoro Muda (ODM) Tahun Akademik 2018/2019. Pengibaran sebelas panji fakultas Universitas Diponegoro pada pukul 07.30 WIB oleh Resimen Mahasiswa (Menwa) menandai dimulainya upacara penyambutan mahasiswa baru itu. Upacara diikuti oleh 11.397 mahasiswa baru, yang terdiri dari 140 orang Program Doktor, 964 Program Magister, 142 Spesialis, 16 Program Profesi, 8.239 Program Sarjana, dan 1.896 Program Diploma. Selain mahasiswa dalam negeri, Undip juga menerima mahasiswa baru dari luar negeri, seperti Uganda, Sudan, Libya, Taiwan, Myanmar, Cina dan lainnya.

Setelah pengibaran sebelas panji fakultas, upacara dilanjutkan dengan Rapat Senat Terbuka yang dipimpin oleh Sunarso selaku Ketua Senat Akademik Undip. ODM tahun ini mengusung gagasan Green Habit dan kemaritiman yang nantinya diharapkan bisa menjadi kebiasaan baik bagi mahasiswa baru. ODM 2018 mengangkat tema “Mewariskan Jiwa Diponegoro Muda Melalui Nilai Nawanatya untuk Harmoni Indonesia”. Tema tersebut sejalan dengan pesan dari Sunarso dalam sambutannya. “Melalui semangat Diponegoro, junjung tinggi nama baik almamater di manapun berada dan jangan lakukan perbuatan tercela. Undip pasti bisa! Undip pasti lebih baik!”

Upacara dilanjutkan dengan pembacaan Surat Keputusan (SK) Rektor tentang Penerimaan Mahasiswa Baru oleh Kepala Biro Administrasi Akademik. Lalu, acara dilanjutkan dengan pembacaan Sapta Prasetya Mahasiswa dan penerimaan secara simbolis dengan pemberian jaket almamater serta Kartu Tanda Mahasiswa (KTM) kepada perwakilan mahasiswa baru yang dipimpin secara langsung oleh Yos Johan Utama selaku Rektor Undip.

Dalam pidatonya, Yos mengaskan bahwa segala bentuk perpeloncoan dan penistaan dilarang dengan keras di kampus Universitas Diponegoro. Dirinya  menyebutkan bahwa hal tersebut merupakan bentuk pelanggaran Hak Asasi Manusia (HAM) yang tidak dapat ditoleransi. “Undip adalah kampus rakyat, kita melaksanakan Pancasila secara lagsung. Undip adalah kampus penuh kasih sayang dan saling menghargai. Salah satu bentuk kasih sayang yang diberikan Undip adalah dengan disediakan kursi bagi seluruh peserta upacara. Sekali lagi saya tegaskan bahwa Undip melarang segala bentuk perpelonocoan dan penistaan, jika hal tersebut sampai terjadi, silahkan hubungi saya. Saya tidak akan segan-segan memecat atau men-drop out pihak yang bersangkutan,” ucap Yos.

Upacara ini diakhiri dengan pembacaan doa, serta acara jabat tangan antara Rektor Undip beserta jajarannya dengan mahasiswa baru sebagai bentuk ucapan selamat datang kepada Dipongoro muda.

Reporter: Suci, Putri.

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *