Undip Selenggarakan ISAPPROSH Kedua

Undip (14/9) – Rangkaian acara The 2nd International Symposium on Aquatic Products Processing and Health “Sustaining Fisheries Industry to Support Global Maritime Axis kembali dilanjutkan pada Senin (14/9) pukul 08.00, setelah dibuka pada Minggu (13/9) kemarin. Acara yang digagas oleh Direktorat Jenderal Pengolahan dan Pemasaran Hasil Perikanan (P2HP) Kementerian Kelautan dan Perikanan Republik Indonesia; Program Studi Teknologi Hasil Perikanan Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan Universitas Diponegoro; dan ISAPPROSH (Indonesian Society of Fisheries Products Processing and Health and Exhibiton) tersebut diselenggarakan di Gedung Soedarto, Universitas Diponegoro. Acara ini dihadiri oleh peneliti dari beberapa negara, diantaranya Indonesia, Inggris, Jepang, Thailand, Malaysia, dan Oman.

Secara keseluruhan, acara terbagi menjadi dua, yaitu symposium yang bertempat di dalam Gedung Soedarto dan pameran produk perikanan (Fish Processing Industry Expo) yang terletak di halaman Gedung Soedarto. Symposium yang menurut jadwal berlangsung mulai pukul 08.00 dan berakhir pukul 17.15 ini menggunakan dua bahasa, yaitu Bahasa Inggris dan Bahasa Indonesia.

Acara diawali dengan penampilan Tarian Gambang Semarang yang dilanjutkan menyanyikan lagu Indonesia Raya. Disusul dengan doa dan sambutan-sambutan. Berikutnya terdapat keynote speech oleh Saut Hutagalung. Ia menekankan bahwa perlawanan terhadap illegal fishing menjadi harapan dalam mengembangkan perikanan di Indonesia.

Symposium dimulai pukul 10.10 setelah adanya foto bersama bagi para pembicara. Topik yang dibahas dalam symposium meliputi: (1) Pengembangan pengelolaan, pemrosesan, dan pemeliharaan produk perikanan; (2) Inovasi teknologi dan peralatan perikanan; (3) Manajemen kualitas dan keamanan produk; (4) Bioteknologi perikanan dalam makanan yang bergizi; (5) pemasaran dan manajemen industri pemrosesan produk perikanan; (6) Enzim dan bakteri perikanan untuk produk makanan dan kesehatan; (7) Sanitasi dan kesehatan masyarakat; (8) Manajemen lingkungan berkelanjutan.

Acara yang akan berakhir pada Selasa (15/9) di Gedung ICT Undip ini, diharapkan dapat menjadi forum bagi peneliti dari universitas dan institusi riset dari dalam dan luar negeri, pembuat kebijakan, praktisi, pelaku bisnis, mahasiswa, teknologi dan inovasi, dalam perkembangan proses pengolahan produk perikanan.

Reporter : Leonardus Prakoso

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *