UPK Bola dan Futsal FEB adakan Turnamen Futsal Antarfakultas

 

futsal
Juara Pertama (Fakultas Psikologi) dan Juara Kedua (FEB A) E-FUTION 2016.

Stadion Undip (30/10) – E-FUTION (Economic Futsal Competition) adalah turnamen futsal antarfakultas yang diadakan oleh UPK Bola dan Futsal FEB Undip bekerja sama dengan Divisi Minat dan Bakat BEM FEB. Acara ini mengambil tema “Unity in University: Kick, Pass, and Show Up Your Solidarity” dan melibatkan lima belas tim futsal putra dan delapan tim futsal putri se-Undip. Huda Prasetyo selaku Koordinator Acara sempat tidak menyangka bahwa turnamen akan berjalan lancar. “Berjalannya acara cukup baik dan mengagetkan karena saya tidak memprediksi acara akan selancar ini. Saya sempat berpikir acara bakal semprawut karena baru debut pertama UPK Bola,” tambahnya.

Turnamen berlangsung selama tiga hari berturut-turut (28-30 Oktober 2016) di Stadion Futsal Undip. Hari pertama (28/10), acara dibuka secara simbolis oleh Irfan Priambodo selaku Ketua BEM FEB Undip dan dihadiri seluruh perwakilan tim futsal putra dan putri. Kemudian dilanjutkan dengan babak penyisihan beberapa tim hingga pukul 16.35 WIB. Hari kedua (29/10) diisi dengan pertandingan seluruh tim futsal mulai pukul 08.40 sampai 18.10 WIB. Penyisihan tim menggunakan sistem grup yang terdiri dari empat grup futsal putra dan dua grup futsal putri. Hingga hari terakhir (30/10), beberapa tim yang tersisa, yaitu tim futsal putra FEB, FPsikologi, dan FISIP serta tim futsal putri FEB, FPsikologi, FPP, dan FISIP bertanding memperebutkan tiket final menggunakan sistem gugur.

Babak final mempertemukan tim FEB A dengan FPsikologi pada kategori futsal putra dan tim FEB B dengan FPP pada kategori futsal putri. Perebutan gelar juara untuk kategori futsal putra terbilang sengit mengingat kedua tim memperoleh poin yang sama sehingga perlu diadakan penalti. Akhirnya, tim futsal putra Fakultas Psikologi keluar sebagai pemenang setelah mengalahkan FEB A dengan poin 3-1 tendangan penalti. Pada kategori futsal putri, FPP berhasil menang 1-0 atas FEB B dan berhak atas gelar juara pertama. FEB selaku tuan rumah membawa pulang juara runner-up untuk kedua kategori futsal putra dan putri. Acara diakhiri dengan penyerahan hadiah kepada juara pertama, kedua, dan top scorer untuk futsal putra dan putri, kemudian dilanjutkan dengan sesi dokumentasi.

Sebagai turnamen yang baru pertama kali diadakan, Jayeng Basoendoro selaku Ketua Panitia sekaligus Ketua UPK Bola dan Futsal FEB menemukan kendala administrasi dan birokrasi. Hal tersebut berbeda dengan apa yang diungkapkan Huda Prasetyo dimana kendala yang dialami acara adalah seputar koordinasi panitia yang terbilang masih kurang. Akhirnya, keduanya berharap agar acara bisa lebih baik lagi dan kedepannya menjadi salah satu program kerja UPK Bola dan Futsal FEB. “Syukur-syukur kita bisa menyelenggarakan turnamen se-Indonesia antarFakultas Ekonomika dan Bisnis, minimal se-Jawa,” tambah Jayeng.

Reporter : Benna Andryani

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *