UPK Tari FEB Raih Juara di Dua Fakultas

tari saman

FEB Undip – UPK Tari Fakultas Ekonomika dan Bisnis (FEB) Universitas Diponegoro kembali mendulang prestasi yang membanggakan. Tak tanggung-tanggung, UPK Tari FEB menyabet double kejuaraan tari Saman di fakultas yang berbeda di Undip, yaitu di Fakultas Kesehatan Masyarakat (FKM) serta Fakultas Sains dan Matematika (FSM). Juara Lomba Tari Saman FSM diraih UPK Tari FEB pada November lalu, sedangkan Juara lomba Tari Saman di FKM diperoleh hari sabtu (5/12) kemarin.

Koordinator divisi Tari Saman FEB, Fitra, mengaku sangat bangga dengan prestasi yang diraih oleh divisi nya. Awalnya Fitra sempat mengaku pesimis saat pelaksanaan lomba, lantaran ia melihat timnya masih kurang kompak. Selain itu, banyaknya pesaing yang tangguh sempat membuatnya ragu untuk meraih gelar juara. Terlebih lagi, Fitra mengaku bahwa ia cukup mengenali kriteria juri yang melakukan penilaian. “Sebenarnya kita optimis awalnya. Tapi begitu pas hari H ngelihat performs kita kayak gitu dan kebetulan jurinya kita juga cukup kenal gitu lho, mikirnya juara 2 juga kayaknya enggak gitu,” ujar Fitra.

Persiapan lomba dilakukan secara matang dan intensif  dalam dua minggu. Latihan pada hari biasa dilakukan dari sore hingga malam. Sedangkan saat akhir pekan mereka bisa berlatih dari pagi sampai sore. Penentuan waktu latihan pun fleksibel menurut suara mayoritas. “Dibilang fleksibel sih iya, lumayan fleksibel. Jadi kita nggak nentuin kita latihan jam segini. Karena kita setiap hari pasti ada beda-beda kepentingan gitu lho,” tutur mahasiswi Jurusan Akuntansi ini.

Berkaitan dengan persiapan lomba, tim Saman FEB mengaku mengalami beberapa kendala. Diantaranya saat menghadapi lomba di FSM, stamina mereka sempat menurun karena singkatnya waktu latihan serta terpecahnya konsentrasi ketika berlatih. Hal ini dikarenakan mereka juga mempersiapkan diri untuk tampil dalam Sophomore yang hanya berselang dua hari sebelum lomba. Fitra juga menuturkan kendala terbesar dalam latihan adalah kesulitan untuk full team karena ada kepentingan masing-masing, seperti bentrok kuliah dan deadline tugas. Fitra juga menerangkan bahwa sekarang divisi Tari Saman sedang mempersiapkan diri untuk tampil dalam acara Dies Natalis Undip pada 18 Desember 2015 mendatang.

Fitra berharap kedepannya UPK Tari FEB khususnya divisi Tari Saman bisa menorehkan lebih banyak prestasi lagi. Ia juga berharap gelar juara yang telah diraih oleh divisi Tari Saman dapat memotivasi divisi lain untuk memperoleh prestasi serupa. “Harapannya bisa jadi motivasi buat divisi lain agar lebih berprestasi lagi, biar nama UPK tari lebih dikenal,” tandasnya. (nw)

Reporter : Septianus, Tio

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *