Workshop “BEMP Go Publish” Bersama Bank Indonesia

FEB Undip (18/12) – Bank Indonesia bekerjasama dengan Fakultas Ekonomika dan Bisnis Universitas Diponegoro menyelenggaraakan Workshop Buletin Ekonomi Moneter dan Perbankan Go Publish pada 18 Desember lalu di Hall Gedung C lantai 4. Pembicara yang dihadirkan merupakan ahli ekonomi dan peneliti senior dari Bank Indonesia yakni Priyo R. Widodo, Untoro, dan Diah Utari.

Workshop dimulai pukul 09.15 dengan sambutan dari Herniwati selaku Pembantu Dekan IV FEB sekaligus pembukaan secara simbolis. Dilanjutkan keynote speech dari dari Untoro dan Augusty Tae Ferdinand yang menjelaskan tentang urgensi publikasi artikel ilmiah. Memasuki sesi pertama, pembahasan materi pertama dimoderatori oleh Nugroho, dengan Priyo R. Widodo sebagai pembicara. Priyo menjelaskan materi tentang “Sufficiency and Content Distribution of the Paper”. Menurut Priyo, tulisan yang baik adalah tulisan yang utuh, dengan arah dan urutan yang jelas. Sesi pertama diakhiri dengan sesi tanya jawab.

Sesi kedua, materi dimoderatori oleh Hadi Sasana dengan pembicara yaitu Untoro dan Diah Utari. Untoro membahas penelitiannya tentang kajian penggunaan instrumen sistem pembayaran sebagai leading indicator stabilitas sistem keuangan. Dari hasil penelitiannya, Untoro menghimbau agar kita menjaga stabilitas sistem keuangan karena peluang berpindahnya rezim periode sistem keuangan yang tidak stabil ke rezim periode sistem keuangan yang stabil lebih sulit dibandingkan berpindahnya rezim periode sistem keuangan stabil ke rezim periode sistem keuangan yang tidak stabil. Sedangkan Diah Utari menjelaskan tentang penelitiannya yang berjudul “Produktivitas dan Upah Optimal Tenaga Kerja Sektor Industri Pengolahan di Indonesia”. Diah menyampaikan, “Sebagian besar sektor industri pengolahan provinsi tercatat memberikan upah aktual yang lebih tinggi dibandingkan dengan upah optimal.”

Terakhir, sebelum acara ditutup, merupakan sesi Book Review yang dibawakan oleh Iskandar Simorangkir yang sekarang menjabat sebagai kepala Bank Indonesia Jawa Tengah-Daerah Istimewa Yogyakarta. Ia mempresentasikan konten dari buku Pengantar Kebanksentralan Teori dan Praktik di Indonesia. Iskandar berperan sebagai editor dalam buku tersebut.

Workshop yang dimulai dari pukul 09.00 hingga 13.00 ini mendapat apresiasi yang baik dari pesertanya. Seperti halnya yang disampaikan oleh Lili Khasanah (IESP 2013) bahwa acara ini bermanfaat bagi mahasiswa untuk lebih terbuka lagi pengetahuannya dan BI menjadi lebih bisa menyosialisasikan penelitiannya ke mahasiswa. “Nggak nyesel datang ke sini,” pungkasnya. (gt)

Reporter : Nur, Ida

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *