ICMI Gandeng Prodi Ekonomi Islam Gelar Seminar ‘Ekonomi Umat’

ekonomiumat

UNDIP (11/3) – Ikatan Cendekiawan Muslim Indonesia (ICMI) bekerja sama dengan Program Studi Ekonomi Islam FEB Undip, Program Studi Perbankan Syariah Polines, Masjid Kampus Undip dan didukung oleh Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) menyelenggarakan workshop bertemakan “Workshop Kebangkitan Ekonomi Umat.” Dimulai pukul 09.00 WIB, workshop ini menghadirkan pembicara dan ahli di bidang ekonomi umat, diantaranya Anggito Abimanyu (Ketua Dewan Pengawas Koperasi Syariah Nasional 212), Muhammad Hariri (Direktur Utama Taharrim), Muhammad Rofiq Thoyyib Lubis (Direktur Utama Wakaf Al Azhar), Suharnomo (Dekan FEB Undip), serta Moh. Komaruddin (Ketua Wakaf Al Azhar Jawa Tengah).

Workshop yang bertempat di Auditorium FPIK Undip ini diawali dengan pembacaan ayat suci Quran, dilanjutkan dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya serta penampilan Tari Saman dari Sekolah Menengah Atas Negeri (SMAN) 4 Semarang.

Penyampaian materi diawali dengan pembahasan tentang Koperasi Syariah Nasional 212 serta prospek-prospek ke depannya berdasar pada pentingnya ekonomi berbasis ekonomi umat yang disampaikan oleh Anggito Abimanyu.  Dilanjutkan dengan materi mengenai Tambah Harta Rindu Masjid (Taharrim) oleh Muhammad Hariri. Taharrim  merupakan usaha yang mencakup beberapa bidang kehidupan seperti pembayaran listrik, pulsa, tiket, serta umrah berbasis syariah yang merupakan realisasi dari ekonomi umat. Penyampaian materi terakhir tentang keunggulan dari wakaf dibandingkan dengan ekonomi konvensional seperti bank dan asuransi oleh Muhammad Rofiq Thoyyib Lubis.

Agung Prasetyo , selaku ketua panitia workshop menuturkan bahwa terdapat kendala dalam penyelenggaraan acara tersebut. “Kalau kendala itu hal wajar, karena disetiap kegiatan pasti ada kendalanya. Cuma kita minimalisir soalnya disini anggota panitianya alhamdulilah anak-anak yang sudah aktif di organisasi yakni organisasi Himpunan Mahasiswa Islam(HMI) Koordinator Komisariat UNDIP,” ungkap Agung.

Terlepas dari kendala yang ada, acara ini berjalan cukup sukses. Amira Saadah, mahasiswi Akuntansi Komputerisasi Polines menanggapi positif acara ini. Namun ia menyayangkan  tidak adanya panggung bagi pemateri sehingga pandangan peserta terhalang oleh peserta di depannya.

Reporter : Rahmat Rizal Muafiq, Mahardika Restiawan N

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *