Workshop Jurnalistik “Ekspresi Kritis dalam Visual”

Undip (20/11) – LPM Opini FISIP Undip pada Rabu (20/11) selenggarakan Workshop Jurnalistik bertajuk “Ekspresi Kritis dalam Visual”. Acara yang bertempat di Auditorium, Gedung A lantai 3 ini dihadiri oleh mahasiswa dari berbagai jurusan. Hadir sebagai pembicara ialah Arif Nugroho, Pewarta Foto Indonesia (PFI) dan Abdullah Ibnu Thalhah, Editor Kartun Koran Wawasan.
Acara dimulai pukul 10.00 WIB dan dibuka oleh Wahyu Hidayat, Pembantu Dekan III FISIP. Sesi pertama ialah pengenalan fotografi jurnalistik yang disampaikan Arif Nugroho. Dalam sesinya, ia menjelaskan bahwa foto jurnalistik bukan sekedar untuk dokumentasi tetapi foto yang dapat menyampaikan pesan dan dapat diberi caption. Menurutnya, fotografi jurnaistik ialah fotografi yang memiliki nilai berita dan mengandung 5W+1H dalam caption foto.
Lebih lanjut Arif menjelaskan foto jurnalistik bercirikan mengandung nilai berita atau menjadi berita itu sendiri; melengkapi suatu berita; dan dimuat dalam suatu media. Menurutnya jika sebuah foto tidak dimuat dalam suatu media maka fungsinya tidaklahlengkap. Selain itu, sorang fotografer harus dapat menangkap moment. Pun harus megandung unsur jujur, sesuai fakta, dan objektif.Usai pemberian materi, peserta diberi waktu 20 menit untuk hunting foto disekitar FISIP dan diberi penilaian oleh pembicara. Foto terbaik mendapat bingkisan dari panitia.
Sesi kedua diisi oleh Abdullah Ibnu Thalhah yang menjelaskan peran editorial kartun di media masa. Dalam penjelasannya, ia mengatakan bahwa ada beberapa hal yang tidak bisa dijelaskan oleh foto. Maka, untuk hal-hal yang bersifat imajinasi dan menjelaskan gagasan-gagasan yang kompleks digunakan kartun. Terdapat tiga unsur dalam kartun, yaitu seni rupa, sosial politik, dan sosial budaya. Ia juga menjelaskan makna-makna pada berbagai warna. (nq)
Reporter : Anih
Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *